IMG_9684

Puncak Guha, A Place Of Solitude

IMG_9521

Ini adalah perjalanan gw pada bulan Maret setahun silam. Pada saat itu gw mendengar dari beberapa teman yang telah riding bahwa ada tempat menarik yang layak untuk dikunjungi yang bernama puncak Guha. Jarak dari Jakarta ke lokasi adalah sekitar 278KM dengan letak koordinat -7.536143, 107.497335.

IMG_9763

Pantai Puncak Guha secara administratif berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kab. Garut, Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat. Pada saat itu gw trip ke puncak Guha gw lakukan dengan Nita dan juga dengan dua orang teman mas Tommy dan temannya yang bernama Ari (mudah mudah ga salah namanya karena sudah lupa.. hehe), jalur yang kita ambil pada saat itu adalah Jakarta – Bogor – Ciawi – Cianjur – Cimahi – Soreang – Pangalengan – puncak Guha.

Selepas pangalengan jalur dengan tikungan yang mulus membuat asik dan menyenangkan untuk berkendara
Berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan selepas Pangalengan
Berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan selepas Pangalengan

Waktu tempuh pada saat itu adalah sekitar 10 Jam dengan jalan santai dan berhenti sekitar 5 kali. Berangkat jam 6 pagi kita sampai disana sekitar jam 4 sore. Jalur dari Jakarta hingga Banjaran dan Pangalengan seperti yang kita ketahui umumnya padat akan traffic, jalur yang mengasikkan di mulai dari pangalengan hingga pintu masuk pantai Rancabuaya.

IMG_9840

Jalur menuju Rancabuaya mengsuguhkan pemandangan yang menyejukkan
Jalur menuju Rancabuaya mengsuguhkan pemandangan yang menyejukkan

IMG_9461

Yes! Puncak Guha berdekatan dengan wisata Pantai Rancabuaya. Dari Pantai Puncak Guha menuju Pantai Rancabuaya, jaraknya kurang lebih 4km. Seperti apakah puncak Guha? Jika yang terbayang adalah tempat seperti kawasan puncak Bogor itu salah besar hehe..

IMG_9729

Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing. Disebut Guha karena di bawahnya terdapat sebuah gua yang masih dihuni oleh para kelelawar. Lokasi puncak Guha tepat menghadap ke laut selatan jawa, Samudera Hindia. Kegiatan yang dilakukan disana oleh masyarakat lokal adalah memancing ikan, namun effort yang harus dilakukan cukup berat karena kita harus turun ke tebing yang curam bagi gw malah cukup mengerikan.

Masyarakat sekitar yang memancing di ujung tebing puncak Guha
Masyarakat sekitar yang memancing di ujung tebing puncak Guha
Menunggu Sunset Muncu
Menunggu momen matahari terbenam

IMG_9464

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menyaksikan sunset dari puncak guha yang turun ke dalam bukit yang berada di sebelah barat puncak guha. Banyak wisatawan yang menginap di Rancabuaya datang ke puncak guha untuk menyaksikan sunset tersebut.

Mendirikan tenda sebelum gelap
Mendirikan tenda sebelum gelap

IMG_9573

Menikmati ayam bakar dibawah seribu bintang
Menikmati ayam bakar dibawah seribu bintang

IMG_9613

Pada saat itu kita mencoba untuk menginap langsung di puncak Guha dengan mendirikan tenda, kebetulan mas Ari dibekali 2 ekor ayam yang siap untuk dibakar, jadilah kita berbakaran ria di bawah seribu bintang..

IMG_9652 IMG_9638 IMG_9696

Ketika kita berada di puncak guha terdapat keheningan yang merasuk disela-sela debur ombak dari kejauhan dan nikmatnya memandang pemandangan yang eksotis seolah sedang menyajikan hamparan dunia lain, dunia yang selama ini hanya ada dalam lukisan atau pun wallpaper handphone dan komputer. Angin yang tertiup dari samudera hindia takkan sampai membuat gw menggigil, angin itu hanya akan membuat gw menjadi lebih rindu untuk datang kembali.

IMG_9624

IMG_9754

IMG_9722

Namun sayang pada saat gw ksana terdapat beberapa sampah bekas pengunjung yang tidak bertanggung jawab dari sampah bungkus makanan hingga botol bir yang beberapa botolnya pecah hingga sebuah gazebo yang hampir runtuh. Kalau diperhatikan sepertinya dulu pernah ada semacam pagar pembatas di bibir tebing namun sekarang sudah tidak ada, mungkin karena termakan usia atau mungkin juga karena aksi vandalisme.

Tidak sedikit wisatawan yang mampir dalam perjalanan dari Garut ke Cianjur melewati jalur pantai selatan
Tidak sedikit wisatawan yang mampir dalam perjalanan dari Garut ke Cianjur melewati jalur pantai selatan

IMG_9825

Overall lokasi ini sangat cocok jika kita ingin lari dari kesemerawutan kehidupan ibu kota untuk menikmati keheningan…

3 thoughts on “Puncak Guha, A Place Of Solitude

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s