IMG_7314-copy

One Day Ride In Jogja – Serenity of Drini

IMG_7309-copy

Pantai terakhir di perjalanan gw adalah pantai Drini, senangnya riding di jalur selatan jogja ini adalah jarak antar pantai tidak lah jauh, lokasi pantai Drini adalah sekitar 5 kilometer dari pantai Krakal dan hanya sekitar 3 kilometer dari pantai Baron.

IMG_7199-copy

Jalur dari pantai Krakal ke lokasi sangat lah baik dan mulus masih di dominasi dengan tikungan tikungan yang mengasyikan untuk dilalui oleh si X-ride. Suasana jalur ini yang tenang membuat gw berhenti sejenak dan menikmati suara suara kicauan burung liar sambil memandang langit biru dan para petani yang sedang bekerja di lahan mereka.

G0072162-copy

IMG_7256-copy

Dari jalur utama lokasi pantai ini berjarak sekitar 800 meter, akses ke dalam lokasi pun sangat baik dan mulus, setelah berparkir di lokasi parkir yang sudah tersedia gw menuruni tangga ke pantai yang juga berpasir putih yang lembut. Dari berbagai sumber yang gw dapatkan mengenai pantai Drini adalah salah satu pantai istimewa di pesisir wilayah Gunungkidul karena sebuah pulau kecil di tengahnya, sebuah pulau karang di bibir pantai membelah Pantai Drini menjadi dua bagian dengan karakter bertolak belakang. Sisi Timur yang tenang dan bagian Barat yang garang, membuat Pantai Drini menjadi sebuah pantai berkarakter ganda.

IMG_7240-copy

IMG_7230-copy

IMG_7207-copy

Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula) sejenis pohon bonsai yang masyarakat sekitar pantai biasa menyebutnya drini. Itulah kenapa pantai dan pulau ini diberi nama drini. Bila laut sedang surut, kita bisa pergi ke pulau. Menaiki tangga beton yang sudah tersedia di sisi pulau kita bisa menaiki hingga puncak pulau.

IMG_7305-copy

Dari atas sana kita bisa melihat seluruh Pantai Drini, melihat gunungan alang-alang atap gazebo hingga deretan perahu nelayan. Jika kita melihat kesisi timur pantai, terlihat tebing-tebing berbaris gagah, berdiri kokoh melindungi pantai ini. Dipadu dengan pulau karang, maka sebuah laguna yang elok pun terbentuk. Menjaga pantai dari amukan ombak, menjadikannya tempat nyaman untuk mandi hangat air asin, bagaikan berada di bath tub raksasa, melemaskan otot yang lelah menyusuri pulau karang.

IMG_7318-copy

Komposisi air berwarna biru kehijau-hijauan, dengan dinding dan pulau karang mengelilingi, serta beratap langit biru, ditambah pandangan bebas menuju lautan lepas, mengalahkan fasilitas spa dari salon manapun di muka bumi. Sambil menikmati pijatan air laut, akuarium alam yang mengoleksi beragam biota laut. Berbagai jenis ikan mungil seperti Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major mudah kita temui, mereka seolah olah bermain petak umpet, berkejaran satu sama lain di sela karang, saling bersembunyi dari teman sepermainannya.

IMG_7303-copy

Di bagian tengah pantai, sejalur dengan arah menuju pulau, ada sesuatu yang menarik. Kumpulan tipis pasir hitam berdiameter sangat halus tanpa malu-malu menerobos dominasi pasir putih. Kata orang orang sekitar dahulu ada sungai bawah tanah bermuara di Pantai Drini. Alirannya membawa pasir hitam yang sekarang masih bisa dilihat.

Di sisi Barat pantai kita bisa melihat deretan perahu nelayan tertambat, beristirahat sejenak setelah semalaman bergelut dengan ombak laut Selatan. Beberapa nelayan terlihat menebar jala ke air, menjadi pemandangan yang menarik bagi gw yang hampir seumur hidup gw tinggal di daerah perkotaan. Ya, Pantai Drini juga merupakan kampung nelayan tradisional. Karakter ombak yang lebih kuat dan langsung menuju samudera tanpa karang menghalangi, menjadi tempat yang tepat bagi para nelayan untuk jalur berangkat dan pulang melaut.

IMG_7302-copy

Setelah lelah berkeliling pantai, kita bisa beristirahat di gazebo-gazebo kayu beratap ilalang. Menikmati kesegaran air kelapa muda sebagai penghilang rasa haus di tenggorokan, tersedia pula ikan bakar hasil nelayan yang bermukim di wilayah panati ini. Berekreasi ke Pantai Drini seolah datang ke ahli terapi. Memulihkan lelah di kaki, juga di hati.

One thought on “One Day Ride In Jogja – Serenity of Drini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s