IMG_7107-copy

One Day Ride In Jogja – Surf’s Up Krakal!

IMG_7172-copy

Mari kita lanjut ke pantai berikutnya.. Dari pantai Sundak gw melanjutkan perjalanan ke arah barat melintasi bukit-bukit kapur yang diselingi dengan teras-teras batu karang. Hal ini adalah ciri dari daerah karts yang dikelola penduduk.

G0072160-copy

Jalan akses ke dalam pantai ini sudah sangat bagus karena pantai ini dikembangkan oleh pemerintah seempat menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing. Di pantai ini sudah banyak tersedia losmen losmen penginapan.

IMG_7091-copy

IMG_7103-copy

Kenapa fokus untuk wisatawan asing? karena Krakal ternyata menyembunyikan ombak yang cocok untuk bermain selancar. Ya krakal menjadi spot surfing favorit para peselancar di amanca negara. Dasar lautnya didominasi oleh karang sehingga surfer harus ekstra hati-hati. Surfer harus berjalan menuju ke deretan batu karang di lepas pantai untuk kemudian menyongsong ombak bertipe reef break yang cukup menantang.

IMG_7107-copy

Dry season antara bulan Maret dan September adalah waktu terbaik untuk menunggu barrel di Krakal. Sayang gw datang pas bukan musimnya para peselancar bermain sehingga tidak bisa mngambil gambar mereka beraksi.

IMG_7098-copy

IMG_7114-copy

Selain bisa bermain pasir di pinggir pantai kita pun bisa bermain mencari biota laut yang terperangkap di sambil berjalan diatas batu karang. Sederet batu karang menyembul ke permukaan dan berbaris memanjang seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan. Namun kita tetap harus menggunakan alas kaki mengingat tajamnya batu-batu karang ini. Terlihat beberapa nelayan mencari tempat yang strategis untuk melempar joran pancing.

IMG_7148-copy

Pantai Krakal sudah lama kondang sebagai salah satu pantai di ujung selatan Jogja, pantaiyang bibir pantainya terpanjang di wilayah Jogja ini memiliki tekstur yang landai dan berpasir putih yang terhampar lebih dari 5 kilometer (cmiiw). Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai, menjadi rumah bagi ikan-ikan karang berwarna-warni. Ikan damselfish kuning dengan aksen biru di punggungnya, ikan kepe-kepe (butterflyfish) bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta sekelompok ikan kecil berwarna biru terang berenang di antara bebatuan. Kaki-kaki bintang laut hitam menjulur keluar dari balik batu tempat persembunyian mereka.

Selama gw menikmati pemandangan pantai terasa angin laut yang berhembus sangat sejuk.

4 thoughts on “One Day Ride In Jogja – Surf’s Up Krakal!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s