Domo Caschi Dual Sport Four Years Review

Merk Domo memang kurang familiar di telinga kita, bahkan jika kita googling di Internet pun tidak akan menemukan review ataupun informasi mengenai helm ini. Gw sendiri kepincut dengan helm ini ketika gw sedang berlibur ke negeri seberang pada tahun 2008 silam.

Ketika gw membeli pun sang penjual tidak mengetahui pasti helm ini diproduksi di negara apa? Ada yang bilang Taiwan ada juga yang bilang China, di box atau pun dalaman helm pun tidak tercantum helm lokasi ini di produksi, namun anehnya di samping helm terdapat tulisan ” produttore di caschi in fibra ” yakni dalam bahasa Italy artinya: ” helm ini terbuat dari bahan serat fiber ” mungkin kah buatan Italy?

Tipe helm ini pun tidak tertulis pada box helm sang penjual hanya melabelkan nama “helm motard”. Karena sudah keburu nafsu, gw menghiraukan ketidak jelasan diatas dan akhirnya gw menebus dengan harga kurang lebih sekitar 1,2jt rupiah

Desain helm ini sama persis dengan helm merk Airoh tipe S4 atau juga untuk helm Lokal sama persis dengan INK tipe S5, terus terang gw kepincut untuk membeli helm ini karena desainnya yang pada saat itu eye catching bagi gw..

Bahan dan Finishing helm ini memuaskan bagi gw, sempat juga gw bandingkan dengan INK S5 dan ternyata bahan dan finishingnya juga sama hanya saja variant warna solid Domo lebih banyak sedangkan INK S5 hanya warna hitam dan putih.

Bobot helm ini bagi gw sangat pas dan nyaman entah kenapa pada akhirnya menjadi patokan buat gw ketika membeli helm baru, at least bobotnya harus mendekati bobot helm ini.

Kebisingan suara saat riding bagaimana? dengan helm yang moncongnya lebih panjang, kebisingan suara tidak keras dan tidak mengganggu kita pada saat riding, dalam kecepatan normal riding di Indonesia (70-100kpj), suara angin baru akan terasa keras ketika kita berkendara diatas 130kpj.

Gw memakai size S untuk helm ini terasa sangat pas di kepala dan tentunya nyaman. Helm ini pun memakai sistem pengikat D-ring, sehingga bagi gw lebih aman.

Kendala di helm ini adalah, helm ini tidak di rancang untuk berkendara high speed atau karena helm ini memiliki pet/topi sehingga tidak aerodinamis dan cenderung melawan angin ketika riding dengan kecepatan tinggi.

Lalu visor helm ini tidak bisa seluruhnya dibuka sampai atas, namun memang rata rata helm tipe ini visornya tidak bisa dibuka full sampai atas.

Ketangguhan helm ini jempolan, beberapa insiden hingga accident gw pernah alami dan helm ini sukses melindungi gw, lecet yang ada juga menurut gw tidak parah mengingat gw pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang kaki kanan gw patah. Hanya saja beberapa part (penutup baut visor) sudah hilang akibat accident tersebut.

Overall sampai saat ini helm ini adalah helm yang paling memuaskan bagi gw dan selalu menjadi patokan gw untuk membeli helm lainnya. Dan mungkin sudah saatnya pensiun karena umurnya sudah mendekati 5 tahun…. hehehe

Oh ya helm ini menurut gw sama persis dengan INK S5 dari kualitas bahan, bahkan untuk kualitas kain pelapis busa INK S5 lebih baik. Namun bobot INK S5 sedikit terasa lebih berat walaupun tidak terasa signifikan.

Jadi kalau naksir sama Domo (entah sekarang masih beredar di pasaran apa tidak) maka INK S5 bisa menjadi pilihan utama untuk dibeli.

2 thoughts on “Domo Caschi Dual Sport Four Years Review

  1. Cakep bro, demen sama warnanya kental nuansa 90an.. itu topi bisa dilepas gak ya? udah hampir 5 tahun enaknya ya buat koleksi, paling masih bisa sesekali diajak JJS santai😀

  2. Sekedar info bro.. Di Bandung ada yang jual tuh bro, di daerah jalan lengkong besar, gak jauh setelah pertigaan (ambil arah ke pungkur).. ntar tokonya sbelah kiri jalan, ada plang GIVI.. toko aksesoris motor gitu tapi banyak jual helm branded juga.. kalo gak salah ane liat harganya 1,1 untuk warna putih.. Semoga bermanfaat.. Salam ADVENTURE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s