Komparasi Helm Full Face KYT R8 vs GM Airborne

Gw mencoba membandingkan helm full face harian yang gw miliki, yakni KYT R8 yang gw beli 2 tahun yang lalu dengan GM Airborne yang gw beli sekitar 2 bulan yang lalu. Pada dasarnya bagi gw kedua helm ini nyaman untuk dipakai harian.

Namun kedua helm ini masing masing memiliki keunggulan dan tentunya kekurangan, nah sekarang mau gw coba bandingkan berdasarkan sudut pandang gw sebagai yang sudah memakainya.

Sertifikasi, kedua helm ini memiliki sertifikasi yang berbeda R8 memiliki sertifikasi DOT (mungkin ketika gw beli pada saat itu blum keluar peraturan mengenai sertifikasi SNI untuk helm) sedangkan Airborne memiliki sertifikasi SNI, kalau disuruh memilih sertifikasi yang lebih di percaya ya gw memilih DOT, jadi R8 lah pemenangnya dari kategori sertifikasi. ( 1 – 0 untuk R8 )

Design, di kategori design gw lebih memilih Airborne karena menurut gw bentuknya unik dan bagi gw sangat eye catching dengan garis garis lancip terutama di dagu sehingga terlihat futuristis, sedangkan design milik R8 seperti pada helm fullface umumnya dengan bentuk design yang cendurung lonjong membulat. ( 1 – 1 )

Bobot, pada saat dipakai bobot dari kedua helm ini berbeda R8 lebih berat dari Airborne padahal Airborne memiliki visor tambahan, walaupun dengan bobot yang lebih berat R8 masih enak untuk dipakai buat perjalanan jarak dekat maupun jauh, namun soal bobot Airborne adalah pemenangnya bagi gw dikategori ini. ( 1 – 2 untuk Airborne )

Ventilasi, soal arus udara yang masuk ke helm menurut gw R8 memiliki ventiliasi yang lebih baik dan juga tingkat kebisingan lebih kecil dibandingkan Airborne. ( 2 – 2 )

Visibilitas, bagi gw R8 memilikit tingkat visibilitas yang lebih baik dari Airborne menurut gw karena lubang pandang Airborne memang lebih kecil guna mendukung garis designnya yang tajam dan futuristis. ( 3 – 2 untuk RC8 )

Finishing Cat dan Grafis, R8 memiliki finishing cat yang lebih baik dan lebih rapih dibandingkan Airborne jika kita perhatikan lebih dekat dan seksama. ( 4 – 2 untuk RC8 )

Menurut penilaian gw secara keseluruhan R8 masih lebih baik dibanding Airborne, terutama dengan sertifikasi DOT dan (mungkin sekarang) ditambah dengan SNI KYT R8 lebih unggul. Namun secara garis besar bagi gw kedua helm ini bekerja baik dan nyaman untuk dipakai harian dan mungkin untuk sebagian orang untuk perjalanan jauh.

Tinggal masalah selera dan membiasakan diri dengan karakter fitur helm yang dipakai🙂

8 thoughts on “Komparasi Helm Full Face KYT R8 vs GM Airborne

  1. Mas Haryowidodo, maaf sedikit koreksi sedikit, dulu mungkin Airborne belum dapat sertifikasi DOT, namun untuk yang keluaran akhir 2012 sekarang terlebih versi yang Airborne One sudah dapat Sertifikasi DOT mas..jd Score akhirnya 4-3 untuk RC8..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s