Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng Trip – Day 01

Waktu menunjukkan pukul 3 sore, gw dan teman teman pun langsung siap siap untuk menuju ke pantai pangumbahan, salah satu pantai yang menjadi objek wisata utama jika wisatawan ke Ujung Genteng. Di pantai tersebut terdapat sebuah konservasi penangkaran penyu.

Karena pantai tersebut bagi para penyu yang berkelana di laut selatan jawa merasa pantai ini adalah lokasi yang sangat nyaman dari kontur pantai hingga jenis pasir untuk mereka bertelur hingga telurnya menetas. Konservas ini dibuat karena untuk menghindari telor telor penyu tersebut di curi oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab yang lalu dijual untuk konsumsi manusia.

Jarak dari penginapan ke pantai ini kurang lebih sekitar 3 – 5 KM melewati jalur pinggir pantai campuran antara tanah dan pasir. Sepanjang jalur ini kita melewati banyak cottage cottage yang disewakan, dari yang sederhana hingga yang terlihat mewah, di jalur ini juga terdapat sebuah desa yang berada di  muara yakni desa Cibuaya, di desa ini pun banyak homestay yang disewakan, dan lokasi ini juga menjadi favorit para wisatawan yang bermalam dengan cara camping karena terdapat fasilitas mck di desa ini.

Sesampainya di lokasi gw cukup terkejut karena pada waktu terakhir gw kesini kondisi bangunan para ranger dari konservasi peneluran penyu ini masih sederhana, sekarang telah dibangun bangunan bangunan baru yang modern yang menandakan pendanaan untuk konservasi ini benar benar tersalurkan. Tidak lama kami pun langsung menikmati pantai pangumbahan dengan bermain bola, bermain air di pinggir pantai hingga hanya cuci mata melihat pemandangan pantai dan langit biru beserta matahari yang sebentar lagi akan terbenam.

Mendekati waktu matahari terbenam, para ranger atau petugas konservasi membawa tukik (istilah dari anak penyu) untuk dilepaskan ke laut bebas, fungsi konservasi ini adalah untuk menjaga telur penyu hingga menetas dan pada usia tertentu dimana anak penyu sudah siap mereka dilepas ke laut bebas sesuai habitat aslinya. Proses pelepasan penyu tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan, kita pun terbawa suasana menyemangati tukik tukik kecil berlari seolah olah berlomba untuk mencapai air untuk berenang duluan.

Setelah puas bermain di pantai pangumbahan kami pun kembali ke penginapan untuk istirahat dan makan malam

5 thoughts on “Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng Trip – Day 01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s