Memaksimalkan Kamera Pocket Digital

Terkadang ada saatnya kita malas membawa kamera DSLR, mungkin dengan pertimbangan ga mau ribet dan ingin lebih santai,  ataupun jika kita tidak memiliki kamera DSLR tidak perlu minder dan takut mengabadikan motor maupun objek objek indah lainnya memakai kamera pocket. Karena dengan kamera pocket harga dibawah 1 juta pun kita bisa mendapatkan moment yang indah.

        

Gw sendiri memakai Kodak Easyshare M575, spesifikasi kamera dengan resolusi 14 megapixel dan dengan lensa 28mm cukup wide untuk sebuah kamera pocket. Cukup memakai mode auto kita pun bisa memotret dengan hasil yang cukup.  Terkadang kendala yang di dapatkan jika memakai kamera pocket adalah ketika memotret dalam keadaan kondisi pencahayaan yang rendah akan terlihat blur.

Dalam hal ini posisi pengambilan gambar kita harus tepat, dalam arti objek yang kita foto itu berada di area pencahayaan yang cukup dengan bantuan tripod dan timer pada kamera untuk mengeliminir shaking, hasil yang kita peroleh cukup, jika tidak puas kita bisa menggunakan bantuan foto editor untuk menaikkan tone dan highlight warna sesuai yang kita inginkan dengan menggunakan microsoft photo editor pun sudah cukup.

Hal lain adalah jangan sungkan menggunakan bantuan scene mode, biasanya di setiap entry level pocket kamera terdapat fitur tersebut dan akan cukup membantu, dari scene Landscape, candlelight hingga sunset ada. Jadi kita tinggal sesuaikan saja dengan keadaan, dan kembali untuk menghilangkan shaking jangan malu menggunakan tripod. Tidak perlu tripod mahal tersedia tripod murah dengan range harga 25rb untuk tripod mini hingga 100ribu untuk tripod standar, merk tripod dengan range harga tersebut biasanya adalah merk Excel. Gw sendiri lebih suka memakai tripod mini karena gw cenderung mengambil foto dengan low angle.

Jika doyan ngulik camera pocket pun cukup fun untuk dikulik, dari ngulik scene mode yang tersedia dikombinasian dengan penggunaan flash bisa menghasilkan gambar dibawah ini yang menggunakan Scene Mode Beach dengan menggunakan Flash.

Dengan menggunakan mode Sunset dapat menghasilkan gambar seperti dibawah ini.

Atau dengan Mode Candlelight tanpa menggunakan Flash bisa menghasilkan gambar seperti dibawah ini.

Dipasaran banyak merk dan tipe kamera dibawah 1 juta, dari informasi yang gw googling ada beberapa kamera yang recommended dengan spek lensa 26mm hingga 28mm antara lain:

– Kodak Easyshare M575

– Kodak Easyshare M532

– Sony Cybershot W510

– Canon Poweshot A1200

– Nikon Coolpix S3100

So jangan minder jika hanya memiliki kamera pocket murah. Jika timing dan pencahayaan tepat hasilnya akan tetap memuaskan.

38 thoughts on “Memaksimalkan Kamera Pocket Digital

  1. horay…. gimana kalau kamera henpon, karena saya bukan fotographer tapi photoshoper

    selama ada ntu sopwer beserta temen2nya, klik foto, kl belum puas tinggal edit

      1. harganya yang bikin kurang menarik om… sama dengan kamera DSLR.. hehehe

  2. saya pake lumix fp7 16mp toucscreen..buat kamera pocket 2jtaan hasil gambar mengecewakan..banyak noise walau iso dah rendah. nyesel deh kehilangan casio..murah tp hasil memuaskan.!!

  3. pake ini bang Pentax Optio WG-1 Adventure Series 14 MP Waterproof Digital Camera with 5x Wide-Angle Optical Zoom
    mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap
    yang WG-2 plus GPS

  4. setuju banget😀
    karena kamera poket unggul dengan kepraktisannya untuk dibawa2.. jadi harus tau cara memaksimalkan penggunaannya..😀
    saya ada contoh hasil foto dengan kamera poket under 900 ribu nih..

    saya ga bilang foto ini bagus tapi dari hasil share ke temen2, responnya cukup bagus😉

    salam kenal😀
    http://nunoo.wordpress.com

  5. Hello. Sy pny kamera digital merk olympus T110. Apa termasuk camera pocket sy sndr tdk mengerti? Rncn ny sy mau nntn konser di singapore indoor stadium,bgmn y mengoptimalkan hasil foto? Tq

  6. waaah hasilnya maksimal sekali bro.. nice info.untuk tripod merk excel bisa dipakai untuk semua jenis kamera, saya memakai canon. kalau yang tripod standar juga bisa dipakai untuk pocket g bro? mksh.

  7. Salam kenal…, ikutan bagi bagi ilmu tentang fotografi kamera pocket ya mas bro, and mbak bro…. dari Dedhie Afriza Pratama (Pekanbaru)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s