Moto Navi GPS Review

Pada ajang otobursa ke-13 yang lalu gw mendapatkan sebuah GPS khusus untuk motor Motonavi GPS dengan harga kisaran 2,5juta ini memang di khususkan untuk motor.

GPS khusus untuk motor memang secara pricing lebih mahal dibandingkan dengan GPS untuk mobil, hal tersebut terjadi dikarenakan GPS untuk motor salah satu fiturnya harus tahan cuaca dari terik panas hingga hujan. Kemudian GPS tersebut harus dapat di baca ketika cuaca sedang terik.

Nah hal diatas tersebut tidak dapat kita lakukan karena GPS mobil tidak waterproof. Lalu banyak fitur lagi dari GPS motor yang tidak kita dapatkan dari GPS mobil seperti touchscreen yang glove friendly lalu built in bracket khusus ke stang motor yang tersambung langsung socket power ke aki motor dan lain lain.

 

Di artikel sebelumnya telah diketahui bahwa GPS ini dilengkapi oleh 4 peta yang berbeda, Papago, IGOprimo, IGO8 dan Navitel. Honestly gw hanya memakai 2 peta yakni IGO8 dan Navitel. Alasannya adalah interfacenya bagi gw lebih user friendly. Papago dan IGOprimo interface layarnya tidak menarik dan navigasi menunya cukup membingungkan bagi kita yang pertama kali memakai peta tersebut termasuk gw.

Gw suka banget sama IGO8 interfacenya enak dilihat, indikatornya juga asik dan menunya tidak membingungkan. Navitel cukup enak, peta bikinan anak negeri ini yang update petanya bisa kita download dari situs http://www.navigasi.net ini dapat mengunci satelite lebih cepat dibandingkan IGO8.

Soal keakuratan kedua peta tersebut menurut gw sudah cukup memang terkadang miss positioning sekitar 10 hingga 20 meter, bagi gw itu adalah hal yang wajar.

Ada pertanyaan bisa kah Motonavi kita install peta dari Garmin? Setelah browsing dengan bantuan eyang kakung Google ternyata bisa bisa saja, namun tidak disarankan karena kadang akan terjadi gejala lemot dan berat dalam mengkalkulasi rute.

Soal durability tahan cuaca gw sempat membiarkan GPS tersebut tidak dilepas ketika gw cuci dan tetap gw nyalakan, si mas pencuci motor sempat ragu ragu untuk menyemprot GPS tersebut namun pada akhirnya di semprot juga dan GPS memang sesuai peruntukannya yakni waterproof.

Harga 2,5jt an dengan fitur fitur seperti Multimedia player dan A2DP Bluetooth menurut gw adalah harga yang cukup pantas mengingat merk Garmin untuk motor minimal 2x lipat dari harga Motonavi.

8 thoughts on “Moto Navi GPS Review

  1. Next review uji ketahanan terhadap getaran dan guncangan ya om.. Soalnya aku pake superspring yg emang buat mobil, ternyata tidak tahan getaran, yg mengakibatkan kemaren soket sensor touchscreen lepas.. Kalo emang moto navi memiliki ketahanan yg mantap, next aku jg mau order..hehehe

  2. sealain guncangan, bahas keamanannya juga, ga lucu kan lagi macet2an atau lampu merah tiba2 ada yang nyamber, terus kalau lagi ga dipake buat gps bisa buat kegiatan lainnya ga? browsing, nonton pelm, atau apapun…

  3. Mantap mass GPSnya sangat berguna untuk touring, sya mw numpang tanya apa GPSnya nunjukin ga jalan jalan kecil yang jarang di lalui seperti d daerah daerah terpencil,,,dan ap model GPSnya hanya kaya gitu ap ad yg lebih kecil

    1. Semua tergantung update petanya mas… makin ter update makin lengkap alternatif jalur kecil, banyak model GPS dari yang besar hingga kecil ukurannya, tergantung merk. Yang merk ini bentuknya seperti di foto..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s