7Gear Aluminium Panniers

7Gear yang telah terkenal lebih dahulu sebagai produsen soft case (tas) seperti Tankbag dan Seat bag kali ini memberanikan diri untuk memasuki pasar hardcase dan langsung membidik target para adventurer.

7 Gear Aluminium Panniers, hardcase yang terbuat dari plat Aluminium yang sering kita lihat terpasang di motor motor adventure seperti BMW Gs1200 telah berhasil di buat replikanya oleh 7Gear, tentu dengan ukuran yang sesuai dengan motor 150 – 250cc yang beredar di pasaran Indonesia.

Kebetulan gw termasuk salah satu orang yang dipinjamkan test unit prototipe oleh 7Gear, Box yang sempat diperkenalkan di event Otobursa yang ke-13 kemarin silam ini berukuran 30liter, terus terang gw belum sempat menimbang berat kosong dari box ini namun menurut gw tidak berat mungkin sekitar 2 hingga 2,5 kg. Dibandingkan dengan Givi V35 yang biasa gw gunakan kurang lebih sama.

Untuk diameter box ini lebih ramping dari V35 namun lebih panjang ke bawah. Soal handling gw pun tidak memerlukan adaptasi dalam riding. Oh ya ada catatan kecil soal pemasangan box ini masih terlalu miring.

Bisa dicopot copot kah? Sebenarnya sebelum 7Gear sebagai brand lokal mengeluarkan produk ini, banyak rekan rekan yang telah mencoba membuat box hardcase sendiri dengan jasa tukang Las, namun kendala yang mereka hadapi adalah box tersebut harus terpasang paten di bracketnya, dan jika ingin dilepas kita harus melepas baut dengan menggunakan kunci pas atau kunci L.

7Gear kali ini berhasil mengadaptasikan sistem yang digunakan merk merk luar seperti touratech,hepco becker dan tourfella dalam sistem penguncian di bracket. Sehingga box dapat dilepas dan pasang lagi tanpa menggunakan tools lainnya. Cukup putar putaran pengunci lalu box akan terlepas, ketika ingin memasang juga lakukan hal yang sama hingga box mengunci ke bracketnya.

Soal kualitas bahan menurut gw sudah sangat baik dan kuat. tinggal kualitas finishing di tingkatkan. Dan gw yakin box yang akan secara eksklusif dijual hanya di http://www.bayumotorrad.com ini pasti akan memperbaiki kualitas finishing dan coating pada box ini.

Penguncian pada tutup box test unit ini kebetulan masih memakai sistem gembok, tapi nanti ketika beredar di pasaran akan memakai sistem kunci.

Overall dengan range harga 4jt kebawah (belum fix pricingnya) box ini kuat dan durabilitynya tidak diragukan dan worth to buy oleh para adventurer, mengingat perbandingan harga dari merk buatan Touratech yang dibandrol 30jt satu setnya. Memang tidak se-praktis box Givi atau sejenisnya, namun kepraktisan bukan lah fitur yang di kedepankan jika ingin membeli box tipe seperti ini.

23 thoughts on “7Gear Aluminium Panniers

    1. Betul, soal penampilan memang tidak akan semanis produk yang menggunakan plastik abs. dengan ukuran lebih besar pun, misalnya yang 41ltr imho malah akan keliatan lebih aneh..

  1. nice posting om haryo,ya ditunggu rilisnya kapan,akan lebih menggugah minat untuk ADV indonesia🙂

  2. kayaknya perlu di riset ulang nih ukuran “best fit” nya untuk motor-motor indonesia yang notabene cc nya kecil2.. biar lebih manis aja kelihatannnya,

    biar gimana juga orang indonesia masih cukup tampilan oriented dari pada fungsinya..
    atau kalau memang 7gear fokus ke ceruk kecil adventourer yaa alhamdulillah deh, tinggal nabung kita !😀

  3. Andingnya pasti lebih OKE lagi nih box. Jadi jangan ragu membeli barang hasil karya anak bangsa. Terus berkarya untuk 7Gear.

    *poto2x dimana nih Om Haryo?

    1. 7Gear Panniers bisa dibeli di Bayu Motorrad mas, no telponnya ada di banner samping kanan page ini..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s