Mbatikyuuuk!

Banyak cara bagi kita generasi muda Indonesia mengapresiasikan kekakayan alam dan budaya negeri kita ini. Gw sendiri merasa dengan traveling ke lokasi lokasi indah di Indonesia mengabadikannya dalam bentuk visual (foto & video) adalah salah satu cara.

Selain itu gw kebetulan karena berasal dari keluarga designer, yang memiliki minat dalam bidang visual design, cara lain gw mengapresiaskan budaya negeri ini adalah dengan mengikuti kegiatan membatik, ya membatik, ilmu karya yang dihasilkan oleh leluhur gw yang berasal dari tanah jawa menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikkan.

Berawal dari hobi nyokap gw dalam memperdalam pengetahuan mengenai salah satu warisan budaya indonesia tersebut. Ya nyokap gw sedang mendalami pengetahuannya mengenai batik dikarenakan oleh minat beliau yang cukup tinggi mengenai kesenian dan kebudayaan, sehingga untuk mengisi waktu beliau belajar mbatik.

Lambat laun beliau juga berkeinginan untuk saling sharing mengenai batik sehingga dibuatlah sebuah kegiatan yang pada ahirnya menjadi sebuah komunitas bernama mbatikyuuuk! Dengan melakukan kegiatan rutin membatik setiap 1 bulan sekali di berbagai tempat (museum bank mandiri & butik batik budaya jawa) yang diikuti oleh berbagai jenis kalangan yang berbeda, dari anak SD sampai petinggi UNESCO.

Komunitas mbatikyuuuk! pun sering diminta untuk mengajarkan dasar dasar membatik oleh berbagai kalangan untuk berbagai event, dari instansi pendidikan hingga butik di pusat pusat pertokoan.

Selain mbatik kegiatan juga diisi dengan sharing pengetahuan mengenai motif hingga filosofi dari kain batik sendiri yang sangat banyak dan beragam.

untuk info jelas bisa mampir yuuuk! ke: http://mbatikyuuuk.com

So mari kita melestarikan budaya asli negri ini sebelum hilang ditelan masa atau hilang dicuri oleh negara lain.

3 thoughts on “Mbatikyuuuk!

  1. kayanya gwa komen mulu, ga apa2 kan om…

    kalau ga salah minggu kemarin di kick andy, lagi mbahas batik, salah satunya bali, umur batiknya masih muda dibanding daerah lainnya, tapi motifnya bagus, beda dengan daerah lainnya, warnanya pun menarik, warnanya gaya2 batik pesisir dimana warna cerah menjadi dominan, mau dong om bertandang atau mengobrol sambil berguru dengan nyokap ente, gwa juga penyuka batik (levelnya masih suka belum koleksi apalagi sampai jadi “guru” dalam membatik) dan kain tenun Indonesia…

    hmmm kl gwa yang keliling Indonesia pulang2 bagasi motor pasti penuh kain tradisional huekekekkee

    1. silahkan om, main main kalau kita lagi ada kegiatan, mau ngobrol ngobrol sharing boleh, mau ikut ngebatik (tinggal siapkan biaya pengganti bahan) juga boleh. untuk jadwal kegiatannya bisa dilihat di website mbatikyuuuk.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s