Short Trip To Sukamantri

Seminggu setelah pulang dari EastXpedition2011 gw dan beberapa teman sempat kontak kontakan by sms. Kebetulan mereka pun pada saat liburan lebaran kemarin melakukan trip perjalanan.

Ada Yufi yang ke Bromo dan ada juga Luckay ke Gunung Kerinci, karena ingin mendengarkan cerita mereka secara langsung gw akhirnya mengutarakan ide untuk kumpul bareng sambil saling sharing perjalanan, tapi ga di restoran atau tempat nongkrong biasa.

Terbesit la hide untuk Camping, cerita cerita ngelilingi api unggun seru juga ya kata Yufi, akhirnya diputuskan tempat kumpul dan ceritanya di Bumi Perkemahan Sukamantri Bogor. Luckay dan Yufi setuju, nah biar tambah seru gw lempar ide gimana kalau kita ajak teman teman yang tergabung di Nusantaride.com , mereka pasti punya cerita yang bisa mereka share.

Sekilas tentang Nusantaride adalah kalau bias dibilang kumpulan traveler atau pun penikmat alam Indonesia yang menggunakan roda dua sebagai alat transportasi ke tempat tujuan pelesir mereka. Nusantaride sendiri berbentuk semacam group maya di Facebook dan sebuah Forum, di dalam group tersebut siapa pun yang tergabung diperbolehkan untuk menshare dan memapresiasikan cerita higga foto mengenai keindahan alam Indonesia, yang tentunya bisa dijangkau dengan menggunakan motor.

Ok balik lagi ke cerita, setelah Luckay dan Yufi setuju dengan tanggal kumpulnya yakni 29 – 30 October, akhirnya gw mengajak teman teman di Nusantaride, sambutan pun banyak, bahkan ada yang menyangka ini adalah semacam jamboree acara resminya owner Nusantaride, kaget juga wong Cuma acara kumpul kumpul saweran biasa doang kook..

Tanggal 29 pun tiba, Yufi hari sebelumnya sms, ketemuan di bogor aja dulu yuk sambil makan siang, gw akur dengan itu, jam 11 gw berangkat dari rumah di Ciputat, melewati parung dan sampai bogor dengan waktu 1,5 jam, karena kepadatan traffic weekend di berbagai lokasi di perjalanan. Setelah menunggu 40 menit akhirnya Yufi dating, Ia pun terjebak traffic yang padat di jalan raya Bogor.

Tidak lama kami langsung ke taman kuliner Kencana (cmiiw, agak lupa namanya) dan makan siang ayam bakar disana. Jam 2 siang kami langsung berangkat ke lokasi bumi perkemahan. Untuk ke lokasi tersebut dari Bogor adalah kea rah Ciapus, lalu dari Ciapus ke arah Tamansari.

Dari Tamansari akan terlihat penunjuk kea rah bumi perkemahan tersebut, karena tidak memiliki GPS, sebuah senyuman sebelum bertanya menjadi senjata kami, “kang ke arah ciapus kemana ya? Tanya kami. Oh lurus saja nanti ada pertigaan ke kiri lalu lurus lagi mentok pertigaan ke kanan, jawab akang akang di seberang istana Bogor”

Dari kota Bogor sampai ke daerah Taman Sari hanya membutuhkan waktu 20 menit riding santai, dari Taman Sari ke lokasi perkememahan normalnya 15 menit, namun karena kami banyak berhenti untuk mengambil foto ya sekitar 35 menit kami sampai di lokasi, tepatnya jam 4 sore.

Disana sudah menunggu Dudy yang sampai di lokasi dari jam 3, setelah membayar retribusi masuk dan berkemah sebesar Rp 12.500,- kami langsung mencari spot yang asik untuk berkemah. Dilokasi perkemahan pun sedang ada acara pramuka, kami pun mencari spot yang agak jauh dari mereka dan mencari tempat yang bisa medapatkan view asik.

Tenda pun langsung kami persiapkan, Dudy yang memang punya hobi camping berhasil mendirikan tenda tidak sampai 10 menit, ketika gw dan Yufi sedang mendirikan tenda datang lah rombongan motor hijau, yakni Dono dan Mas Julianto, gw personaly salute dengan mas Julianto, dia datang jauh jauh dari Jogja hanya untuk mampir sebentar dan bertegur sapa dengan kami lalu rencananya malam nanti akan kembali ke Jogja, Wow! Gw dengan tubuh gw yang manja ini ga bakalan bisa melakukan perjalanan yang di lakukan mas Julianto, hanya dengan istirahat sejenak lalu jalan lagi melanjutkan perjalanan yang jauh.

Setelah tenda gw dan Yufi berdiri, kami ber empat sambil menikmati gorengan yang di beli Dono di warung dekat loket. Tidak lama datang rombongan dari Luckay, Adet dan Pak Reza. Luckay yang jalan sendiri bertemu  dengan Adet dan Pak Reza yang sempat dibawa kesasar oleh GPSnya Adet di hutan sebelum lokasi perkemahan.

Rombongan berikutnya yang datang adalah Om Pray, dan dia memakai RX King ke lokasi perkemahan, wah bener bener seru beragam jenis kendaraan roda dua berkumpul dengan satu kecintaan yakni menjelajah keindahan bumi Nusantara ini. Tidak lama Om Pray datang, Joe datang ke lokasi.

Gw dan Yufi sempat kaget, wow banyak juga yang sempat meluangkan waktu dan berkumpul. Tak lama langit pun gelap dan semua tenda telah berdiri, setelah saweran untuk membeli kayu bakar dan makan malam gw dan beberapa teman turun ke warung untuk memesan makanan dan membeli kayu bakar. Kami pun ditawari untuk menyewa lampu gas, kaya gimana tu? Well karena minyak tanah sekarang sudah langka, petromak yang sudah ada di modif oleh produsen petromax sehingga pembakaran yang jadi alat penerangannya dengan gas. Agak lucu juga si ada tabung gas yang di sambungkan dengan lampu petromak oleh tiang pipa gas. Hehehe

Pada jam 7 Mas Julianto pamit pulang dengan Om Sulis, oh ya om Sulis adalah orang terakhir yang hadir, namun dia juga hanya mampir karena hari Minggu ada acara lain di Jakarta.

Setelah makan kami pun berkumpul di sekitar api unggun yang sebelumnya sudah dinyalakan oleh mamang mamang yang menjualnya, cerita demi cerita pun keluar dari mulut kami, ketika asik bercerita terdengarlah suara 3 motor dari kejauhan, setelah salah satu dari kami mendekati ternyata mereka juga dari Nusantaride, gw lupa nama mereka, namun mereka tidak lama juga (sekitar 20 menit) lalu pamit untuk turun. Berselang 10 menit dari rombongan terakhir, datanglah satu orang lagi yakni Michael, dan dia benar benar yang terakhir datang… hehehe

Cerita pun berlanjut dari kami, dari pengalaman gw ke Flores, Luckay ke Kerinci, Yufi ke Bromo, Pak Reza yang pertama kali jalan jauh dengan GL-Pronya di tahun 1989 (wow, gw masih SD doi udah nyebrang ferry!) hingga ke gossip gossip perbikersan kita bicarakan. Tidak terasa jam menunjukkan pukul 2 pagi, gw pun akhirnya pamit dan masuk tenda untuk tidur.

Jam 7 pagi akhirnya gw bangun, sambil menikmati sinar matahari kami pun berkemas untuk turun, namun sebelumnya sarapan dulu di warung dekat loket hehehe..

Jam 9an kami pun turun barengan, sempat mandi koboi di sungai yang ga jauh dari lokasi, ya sekedar menyegarkan badan. Jam 10 pun kita turun dan setelah berada di jalan raya kami pun berpisah, Yufi kembali pulang melewati kota Bogor dengan Luckay, sedangkan gw dan yang lainnya ke arah Dramaga IPB dan disana gw berpisah dengan yang lain karena yang lain masuk hutan IPB untuk motong ke Parung, sedangankan gw mencari jalan super muter hingga Leuwiliang, lalu Jasinga yang tembus Parung Panjang lalu Cisauk hingga Pamulang, ya dari Pamulang tinggal ngesot dikit ke rumah gw di Ciputat.

Mungkin gw adalah orang terakhir yang sampai Rumah pada jam 1 siang. Gw sengaja muter semata karena tidak ingin melewati jalur yang sama, dan juga karena penasaran dengan Jalur dari Jasinga ke Pamulang, walaupun tidak berbekal peta atau pun GPS gw pun tidak perlu bertanya untuk menemukan arah, karena penunjuk arahnya sudah cukup jelas buat gw.

Semoga next time bisa kumpul lagi dengan konsep yang serupa, dan mungkin di lokasi yang agak berbeda dan lebih banyak yang kumpul.

13 thoughts on “Short Trip To Sukamantri

  1. wuehehehhehe jasinga parungpanjang, jalannya dah beton semua atau dah jadi ancur lagi?

    antara jasinga parung ada tempat gunung batu, terus disitu ada kebun sawit lumayan gede, pertamakali liat, edunnn… berasa di sumatra, padahal kl liat peta ga jauh dari jakarta… lebih seru kalau pas musim durian, bisa berenti buat icip2, cari yang durian dari daerah situ…

    1. masih kombinasi om, ada yang hancur tapi ga hancur banget kok.. masih bisa dilewati dengan speed rata2 20kpj. Dan betu ada perkebunan kelapa sawit, sempat kaget juga ada kebun kelapa sawit di daerah situ..

  2. pengen dengerin ceritanya langsung buat yg udah duluan muter2 Indonesia, , hmm next mungkin bisa cari tempat yg rada ditengah gt biar lbh banyak yg datang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s