EastXpedition 2011: Day 14 – Sumbawa to Lombok

Jam 7 Kami langsung tancap gas dengan target jam 16 dapat mencapai pelabuhan Poto Tano, jalur pun tetap sepi dan kami bisa leluasa riding sambil menikmati segarnya udara pagi ini. Tidak terasa kami pun sudah memasuki kota Dompu jam 9 dan di Kota ini lah gw baru ingat kalau gw meninggalkan sesuatu di hotel.

Kami sempat berhenti sejenak untuk sarapan sebelum masuk kota Dompu  dan disini lah gw sadar kalau handphone gw ketinggalan di kasur hotel, handphone tersebut memang gw setting sebagai alarm pagi hari gw, namun diluar kebiasaan semalam gw taruh di samping bantal sehingga ketika bunyi dan tebangun gw lupa menaruhnya kembali ke tasnya. Well biar jadi pelajaran untuk tetap check n re-check sebelum berangkat.

Untuk mengambilnya juga tidak mungkin, hehehe biar jadi rejeki bagi yang menemukannya doa gw.

Setelah sarapan kami langsung tancap gas lagi, untuk menghilangkan rasa sesal dan membuat hari semangat kembali gw memainkan The Charlatans “One to another”

walaupun perjalanan pulang kali ini bertarget kami tetap jalan dengan santai dan enjoy, tetap dengan menikmati pemandangan yang di suguhkan oleh alam Sumbawa di jalur utara ini.

Kami bisa menikmatiknya untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pada saat berangkat.

Setelah berjalan 2 jam, kami pun sampai kembali di teluk Santong, tempat kami makan siang pada saat berangkat kemarin. Yah memang lokasi ini memang sudah di setting menjadi lokasi untuk istirahat makan siang.

Jam 13 kami kembali berangkat menuju kota Sumbawa besar sambil menikmati perjalanan, jalan gravel yang pada saat berangkat kami lalui sudah tidak terasa sebagai rintangan, kami tetap enjoy berdiri diatas motor sambil mengontrol motor dan menikmati pemandangan.

Sempat terjadi insiden ketika ada kerbau liar tiba tiba menyebrang membuat gw harus late braking, dan membuat gw dan si kerbau saling berhadap hadapan dan bertatatap mata, hayah! Masih ada keraguan akan mengeluarkan kamera atau tidak, akhirnya gw pun mengeluarkan kamera namun ketika gw keluarkan kamera ia langsung menyebrang ke tepi.

Kami break sejenak di kota Sumbawa Besar, untuk meluruskan kaki dan mengencangkan rantai motornya Romi, alhmadulilah so far Cindy sampai detik ini masih fit dan tidak bermasalah sedikit pun, mungkin hanya rantai kering saja yang langsung gw semprot chain lube.

Setelah lanjut perjalanan, tidak terasa jam 16 kurang 15 menit kami sampai di pelabuhan Poto Tano, langsung mengantri dan masuk ke Ferry dan jam 16 Ferry pun berlayar menuju pelabuhan Kayangan Lombok. Gw menggunakan waktu di Ferry untuk memejamkan mata sejenak, ketika membuka mata posisi Ferry 15 menit dari pelabuhan, wow tidak terasa memejamkan mata sejenak langsung hampir sampai.

Jalur kali ini kami memilih untuk melalui jalur tengah karena selain memotong waktu yang cukup banyak ketimbang lewat jalur utara, namun perjalanan kali ini cukup menuntut tenaga yang lebih untuk berkonsentrasi, selain karena kondisi sudah gelap ditambah pula dengan sedang terjadi kondisi mati lampu di wilayah yang kami lalui membuat harus ekstra waspada.

Terutama jalur yang kami lewati termasuk jalur padat karena menjadi jalur utama di pulau ini, dan memang betul jalur yang kami lewati adalah jalur padat penduduk. Ketakutan akan penduduk lokal pengguna jalan yang tidak disiplin pun terjadi, terutama oleh anak anak muda yang berkendara agak seruntulan tidak memakai helm dan sebagainya. Well memang sudah menjadi karakter ketika melawati jalur yang padat penduduk kami pasti akan bertemu dengan pengendara seperti ini.

Jam 8 malam pun kami sampai di Mataram, kami pun langsung mengarah ke hotel dimana kami menginap kemarin disini, namun apa dikata hotel penuh. Kami pun makan malam terdahulu sebelum mencari penginapan. Setelah makan kami langsung mencari penginapan, beruntung di lokasi banyak terdapat hotel hotel sejenis, namun entah kenapa semua fullbook.

Setelah 1 jam mencari hotel akhirnya kami mendapatkan hotel yang tidak kalah bagusnya dari hotel yang kami dapatkan kemarin kemari. Lets rest! Tomorrow back to Bali n Java.