EastXpedition 2011: Day 13 – Goodbye Flores

Bangun awal jam 6 pagi badan terasa malas untuk packing, sedih karena harus meninggalkan Flores, masih merasa tidak puas akan karena waktu  yang termasuk singkat diberikan kepada kami untuk meng-explore wilayah bagian Indonesia timur ini.

Jam 7 kami berangkat dari hotel, hanya 10 menit kami sudah berada di Pelabuhan dan membeli tiket Ferry. Setelah memarkir motor, saatnya mencari tempat untuk dihuni selama 8 jam kedepan. Kali ini kami memilih untuk menempati semacam level yang memiliki matrasnya, dengan membayar 15rb per orang kami pun langsung rebahan menunggu kapal ferry untuk berlayar.

MP3 player gw nyalakan dengan dibuka oleh Stone Roses “Mersey Paradise” menghentak kuping gw

Jam 9 ferry baru berlayar dan tidak lama kemudian gw tertidur karena hembusan angin yang sangat adem. Jam 12 pun gw terbangun karena perut terasa lapar, sayangnya makanan yang tersedia di Ferry yang bisa membuat kenyang hanyalah mie instan, sebenarnya gw ga mau makan mie instan namun karena perut harus diisi akhirnya gw menyantap mie instan rebus.

Setelah makan gw kembali ke matras tempat gw sewa, dan kembali rebahan, hamparan laut lepas terlihat, dan blum nampak daratan pulau Sumbawa. Memang hal yang paling membosankan namun harus tetap dilewati adalah penyebrangan antara pulau Sumbawa ke Flores, mungkin dibilang membosankan karena kondisi Ferry yang kurang memiliki fasilitas atau bisa dibilang fasilitas kurang perawatan. Mungkin kalau fasilitas terawatt dan dapat membuat penumpang nyaman tidak akan terasa bosan seperti ini.

Oh iya.. dalam perjalanan ini pun banyak teman teman yang menanyakan via email atau pun message facebook dan bbm, bagaimana kondisi perjalanan yang kami lewati kesimpulan dari pertanyaan mereka adalah mereka mengira jalur yang kami lewati itu penuh bahaya dalam artian bahaya akan kejahatan atau pun konflik, mengingat cerita seorang teman yang ia dibekali sebuah senpi ketika melintasi wilayah timur ini setahun yang lalu.

Bisa gw bilang persepsi itu sama sekali salah, wilayah ini adalah wilayah yang aman, penduduk yang kami temui selama perjalanan jauh dari kesan tidak sopan maupun jahat. Ya mungkin mereka terlihat seram karena penampilan fisik mereka yang berbeda dari kami namun itulah Indonesia! Yang memiliki keaneka ragaman suku dan tentunya budaya. Walaupun mereka berbeda namun bisa dibilang mereka lebih ramah dan ketimbang kita sedang riding di pulau jawa, bisa dibilang seperti itu karena mereka pun senang melihat orang asing yang mengunjungi wilayah mereka.

Justru yang harus kita waspadai adalah binatang liar yang melintas jalan dan lebih berhati hati celaka karena terlalu menikmati pemandangan sehingga lengah dan membuat kami terjun ke jurang! Hiaahaha

Ketika jam menunjukkan pukul 16 Ferry memberikan tanda bahwa sebentar lagi akan berlabuh di pelabuhan Sape, yeay! Akhirnya sampai daratan dan bisa riding kembali. Jam 17 pun kami sudah meninggalkan pelabuhan Sape, dengan target kota Bima dimana kita akan menginap disana, tepat magrib kami sampai di kota Bima, karena sudah mulai gelap dan letih kami memutuskan untuk mencari hotel yang searah keluar kota Bima, hal aneh memang hari ini kami lebih letih dari hari hari sebelumnya.Pahadal hari ini kita riding bisa dibilang tidak sampai 100km lebih banyak diam, ternyata diam itu lebih capek dari pada beraktivitas! Hehehe

Okay hotel pun kami dapatkan dan hari ini kami akhiri dengan melihat langit merah di seberang hotel.

One thought on “EastXpedition 2011: Day 13 – Goodbye Flores

1. emg bro touring ke arah timur barasa lbih nyaman& aman di banding kalo kita touring ke arah barat ( lintas sumatera ) resiko keamanan tinggi. banyak cerita perampokan di jalan dan jg jalananyA banyak yg rusak…