EastXpedition 2011: Day 11 – Rinca Island

Setelah makan siang dan sedikit snorkling di Pink Beach, perjalanan kami lanjutkan ke pulau Rinca, waktu tempuh sekitar 1 jam dari Pink Beach, pulau Komodo. Dan akhirnya kami sampai di pelabuhan Loh Buaya, Pulau Rinca.

Pulau Rinca adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca berada di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Mola.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dibandingkan dengan Pulau Komodo sendiri, binatang Komodo di Pulau Rinca akan dengan mudah dijumpai dengan hanya menempuh perjalanan sekitar 1 jam atau kurang dari Labuan Bajo.

Ketika memasuki pulau ini dan kami disuguhi oleh padang savana yang sedang kering karena kemarau, sama seperti pulau komodo, pulau rinca juga di huni oleh naga Komodo. Namun secara ukuran Komodo Komodo di pulau ini lebih kecil dari segi ukuran, namun untuk segi buas, ya sama saja. Malah komodo komodo di pulau ini lebih lincah dibandingkan yang di pulau Komodo.

Disini kami tidak terlalu lama, karena kurang lebih habitatnya sama dengan pulau Komodo, namun bisa dibilang padang savana di pulau ini lebih mudah di capai, ketika tracking ke atas bukit untuk memotret view dari teluk Loh Buaya kami menemui sepasang Komodo sedang kawin, padahal blum musim nya loh kata ranger yang menemani kami, ahahaha nafsu lo besar juga tong!

Setelah mencapai bukit savana dan menyaksikan pemandangan teluk Loh Buaya kembali decak kagum gw rasakan dan bangga karena akhirnya gw bisa menyaksikan langsung pemandangan ini. Tidak melalui google tidak melalui TV, namun dengan mata kepala sendiri secara langsung.

Setelah puas mengambil foto, saatnya kembali ke kapal. Di perjalanan kembali ke kapal gw berharap di tahun kedepan lokasi ini terus berkembang maju dang menjadi lokasi yang seru dan nyaman untuk dikunjungi.

Okay! Pemberhentian terakhir dari tour ini adalah pulau bidadari..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s