EastXpedition 2011: Day 11 – Komodo Trip

Hari ini adalah salah satu hari yang gw nantikan! Sebentar lagi rasa penasaran gw akan pulau komodo akan terbayarkan. Pagi ini jam 7 pagi kami sudah berada di salah satu dermaga di pelabuhan Labuan Bajo. Setelah berkenalan sebelumnya di hotel dengan Desmond dan Keith anak bapak dari Afrika Selatan yang sedang berlibur di Indonesia, kami berada 1 group dengan mereka dan juga tentu ditemani oleh Mayka salah satu staff dari Hotel Jayakarta. Tujuan pertama kami di pagi hari yang tenang ini adalah Pulau Komodo!

Ya, hari ini gw akan menjelajah Kepulauan Taman Nasional Komodo, Lokasi yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan salah satu tempat sebagai The New 7 Wonders of The World ini dari dulu menjadi sebuah tempat yang mengundang rasa penasaran banyak orang termasuk gw.

Memang faktor dana yang tidak kecil yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke Labuan Bajo membuat pariwisata ke kepulauan Komodo ini minim dari kunjungan wisatawan local, namun untuk wisatawan asing jangan ditanya, sudah cukup berkembang. Dan jika nanti berhasil masuk ke dalam The New 7 Wonders of The World gw yakin lokasi ini akan makin maju dengan catatan jika dikelola dengan baik dan benar. So! Dari pada kalian ribut ribut liburan ke Singapura atau Thailand, lebih baik ke sini, at least bisa turut membantu menambah devisa daerah NTT yang konon saat ini adalah salah satu daerah termiskin di Indonesia dan menyebarkan cerita positif mengenai daerah yang luar biasa kaya akan keindahan ini.

Back to Komodo Trip, bagi kalian yang travel ke Labuan Bajo, Komodo trip harus menjadi sebuah kewajiban, dari paket yang murah hingga yang terbaik tersedia disini. Rata rata para wisatawan backpacker menyewa paket tour yang telah banyak tersedia di area pelabuhan, penyewaan 1 kapal untuk 2 hari 1 malam berkisar 1,5 hingga 1,8jt rupiah termasuk makan 5 kali. 1 kapal dapat memuat maksimal 5 – 6 wisatawan.  So jika kita ber 6 tinggal di bagi aja itu biayanya.

Kenapa 2 hari 1 malam? Yak arena dengan kapal yang tersedia perjalanan ke pulau terdekat saja yakni pulau Rinca harus memakan waktu 2 jam, ya kapal yang dipakai bukan speedboat namun sebuah kapal motor tradisional. Walaupun tradisional namun keamanan pasti terjamin. Dan fasilitas penunjang di kapal seperti Kamar ber AC dan listrik pun ada.

Bisa ga jika kita ingin tour 1 hari? Ya pasti bisa, kebetulan gw memakai paket ini kapal yang digunakan adalah dengan menggunakan speedboat. Banyak juga paket yang ditawarkan, gw sendiri menggunakan Komodo Trip nya Hotel Jayakarta Suites.

Paket ini berharga  Rp 5.250.000,- per orang dengan fasilitas:

–          Komodo National Park Tour

–          Snorkling

–          Penginapan 2 malam di Hotel Jayakarta suites Komodo

–          Tiket pesawat pulang pergi dari Bali ke Labuan Bajo

–          City tour lokasi pariwisata di kota Labuan Bajo

–          Makan 3 sehari

–          Penjemputan dari dan ke Airport

Harga yang reasonable menurut gw, dan semoga berjalannya waktu harganya akan lebih murah lagi.. hehehe.

Gw berterima kasih kepada pihak Jayakarta telah mengijinkan gw dan Romi ikut Komodo National Park Tour hari ini dengan cuma cuma. Komodo National Park! Here I come!

5 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 11 – Komodo Trip

  1. ahahhahaha… beruntungnya dapat gratisan huekekekekek…

    om ulas ntar diakhir perjalanan dana yang dihabiskan dalam jalan2 kali ini, kl bisa dan masih ingat biaya per harinya ya jangan total

    1. Jika tour sehari tanpa menginap saya tidak mendapatkan informasi yang valid mbak, ada yang bilang sekitar 5jtan untuk speedboat dengan isi 10 -15 orang. Jayakarta Hotel memiliki speedboat sendiri sehingga mereka memiliki paket tour sehari tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s