EastXpedition 2011: Day 10 – Back to Labuan Bajo

Waktu menunjukkan pukul 8 pagi dan setelah siap siap, kami pun berangkat kearah barat dengan target makan siang di kota Ruteng. Perjalanan pagi ini kami di temani oleh kabut yang masih turun di dataran tinggi antara Bajawa ke Ruteng.

Seperti perjalanan 2 hari kemarin berangkat ke Ende jalur yang kami lalui tetap sama, sekarang karena masih sedikit hafal kami lewati kelokan kelokan pada jalur ini dengan santai. Perjalanan agak terhambat ketika kami hendak memasuki desa Munde, telah terjadi longsor yang sedang ditangani.

Cuaca hari ini nampak seperti mendung dan berawan, gloomy seperti lagu yang sedang berputar di Mp3 player gw The Antlers  “Two “

kami berharap hujan tidak turun, dari Bajawa hingga Ruteng langit terus tertutup oleh awan, di tambah ketika melintas dataran tinggi kabut pun ikut turun. Memasuki kota Ruteng perjalanan pun kembali terhambat karena ada pelebaran jalan di lereng bukit yang kami lalui, beruntung volume kendaraan di daerah ini tidak banyak sehingga, tidak berpengaruh akan traffic.

Sampai di Ruteng Romi posisi keran bensin sudah rest dan harus mengisi bensin kembali dan kami langsung meluncur ke pombensin namun dari jauh sudah terlihat kalau antrian di pombensin tersebut sudah sangat panjang melebihi panjang yang kemarin kita pernah mengisi disini, kemarin aja hampir 1 jam 30 menit mengantri, bagiamana sekarang.

Akhirnya Romi mengurungkan niat mengisi bensin, dan memutuskan mencari pedagang eceran setelah keluar dari kota Ruteng namun sebelumnya kami makan siang dulu.

Jam 1 kami lanjutkan perjalanan, perjalanan dari Ruteng selama sekitar 30 menit kami sempat di temani oleh cuaca yang sangat cerah dan terang, namun kembali berawan dan setelah 30 menit Romi pun mengisi bensin di penjual bensin eceran pinggir jalan,

Ia membeli 3liter bensin dengan harga 10ribu per liter, perbedaan harga yang dua kali lipat lebih tersebut membuat orang rela mengantri di spbu, yah semoga kualitas bensinnya bagus, setelah di tambahkan aditif kami lanjutkan perjalanan, semoga cukup untuk sampai di spbu kota Waenakeng.

Keadaan berawan dan Kabut pun terus menemani kami sepanjang perjalanan, tidak ada sedikitpun cahaya sinar matahari yang menampakkan dirinya, semua tertutup oleh awan dan kabut.

Tetap selama perjalanan ada apa ini kenapa terus menerus kabut turun tanpa henti. Romi pun mengatakan selama dia kerja disini baru sekarang merasakan kabut pada siang hari.

Akhirnya kami sampai di kota Waenakeng dan kebetulan tidak ada antrian di spbu, langsung kami mengisi bensin, sempat berbincang bincang dengan petugas spbu dan dia memberitahukan bahwa aktifitas anak gunung Ranaka sedang meningkat, dan banyaknya kabut yang turun di dataran tinggi di flores dalam 2 hari ini ada kemungkinan besar karena hal tersebut. Hmm mungkin juga ya…

Cuaca cerah baru bisa kami rasakan di daerah Ngorang sebelum masuk ke kota Labuan Bajo, jam pun menunjukkan pukul 4 ketika kami sampai kembali di hotel Jayakarta Suites Komodo.

Setelah kembali di sambut oleh para staff hotel dan mengantarkan ke kamar, kami pun beristirahat sambil menyaksikan view sunset dari dalam kamar.

Malamnya pun kami makan malam dan nge bir di Tree top restaurant dekat pelabuhan, pihak hotel dengan baik hati mengantarkan dan menjemput kami dengan mobil ke lokasi. Suasana yang menyenangkan di restaurant tersebut, tidak berasa seperti di Indonesia karena semua pengungjung restaurant tersebut adalah orang asing, oh ya restaurant ini juga menyediakan wifi gratis untuk pengunjung, so bisa dibilang sarana penunjang pariwisata di kota ini sudah cukup baik.

Tidak terasa sudah jam 10 malam ketika kami dijemput. Saatnya mengistirahatkan badan.

Cant wait for tomorrow Komodo Tour!!

6 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 10 – Back to Labuan Bajo

  1. ntu belokan aslikan bukan fx lensa? kl ntu belokan ada di jakarta pasti banyak motor dah mereng2…. plus gelosor

  2. mantab dah naklukin track labuan bajo – ende, , mantab ya gan smua ada baik kelokan,tanjakan turunan ny😀
    bagi yg jiwa petualang en suka tantangan silahkan anda mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s