EastXpedition 2011: Day 09 – At Last! Taman Nasional Kelimutu

Hujan telah reda dan makan siang pun telah selesai disantap, target dan tujuan utama perjalanan ini tinggal beberapa kilometer lagi. Akhirnya sebuah angan angan menjadi kenyataan.

Terlihat diatas kabut sangat tebal namun tidak menyurutkan semangat gw untuk ke puncak gunung Kelimutu, pemilik warung makan pun sempat menyayangkan bahwa sedang berkabut dan mengatakan kita akan kecewa karena telah jauh jauh namun keadaan kabut sehingga kita tidak dapat melihat danau dengan sempurna.

Oh well tidak ada yang perlu di kecewakan mencapai daerah ini saja sudah menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri, dan gw yakin walaupun sebentar pasti danau Kelimutu dapat kita lihat dan tetap senang walaupun tidak akan Nampak dengan sempurna.

Taman nasional ini terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelibara (1.731 m) sebagai puncak tertinggi. Gunung Kelimutu, terdapat danau Danau tiga warna yang juga merupakan tempat dari Taman Nasional Kelimutu.

Di dalam Taman Nasional Kelimutu, terdapat arboretum, hutan kecil seluas 4,5 hektar yang mewakili koleksi keanekaragaman flora di daerah tersebut. Di sana terdapat 78 jenis pohon yang dikelompokkan ke dalam 36 suku. Beberapa koleksi flora yang merupakan endemik Kelimutu adalah uta onga (Begonia kelimutuensis), turuwara (Rhododendron renschianum), dan arngoni (Vaccinium varingiaefolium). Argoni yang berbunga kecil putih dan akan berubah menjadi hitam ketika matang, diyakini masyarakat setempat sebagai makanan para dewa

Ditemani dengan oleh alunan lagu dari Florence and the Machine “ Cosmic Love “ gw lalui jalur ke puncak gunung kelimut yang tenang.

Jalur dari gerbang bawah hingga Kantor dan Loket Taman Nasional Kelimutu, sama seperti umumnya sebuah gunung, kurang lebih bagi yang pernah ke gunung tangkuban perahu jalurnya seperti ini, dan karena kabut sedang sangat tebal ya kita tidak dapat melihat pemadangan di kiri kanan tebing.

Sekitar 8Km dari gerbang kami sampai di loket pun kabut makin menebal, setelah kami membeli tiket kendaraan, orang dan ijin memotret yang biayanya tidak sampai 20 ribu, setelah masih harus lanjut lagi dengan motor sejauh 7Km ke lokasi parkir kendaraan.

Di tempat parkir kendaraan pun sangat sepi dengan pengunjung, karena selain bukan hari libur keadaan pun tebal dengan kabut. Lets give it a try and lets see those lake! Setelah berparkir dan menitipkan helm dan kendaraan ke sebuah warung kami pun melanjutkan ke lokasi danau dengan berjalan kaki sekitar 1Km. Karena keadaan sudah dingin maka jaket pun tidak berani gw buka hehehe..

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” hari ini warnanya hijau muda, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” yang pada hari ini berwarna biru muda, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” yang sayangnya tidak bisa gw lihat karena tertutup kabut, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

Tidak terasa 2 jam gw berada di sekitar danau Muri Koo Fai dan Ata Polo, hanya dengan merenung dan melihat kedua danau tersebut, rasa senang dan rasa tidak percaya akan dapat melihat danau tersebut terngiang ngiang di kepala dan hati merasa damai. Yaah walaupun tertutup kabut…

Namun Allah memang Maha Baik, ketika gw mau pulang Ia menampakan seberkas sinar matahari dan menyingkirkan sedikit kabut sehingga gw bisa melihat dan memfoto kedua danau tersebut dengan kondisi yang terang

Kami kembali ke warung kami menitipkan helm untuk sekedar membeli teh manis hangat, ketika kami berbincang bincang dengan pemilik lapak, gw tiba tiba tertarik dengan syal yang ia jual, kebetulan gw belum memiliki cendramata khas daerah ini, jadi gw memutuskan untuk membeli syal yang terbuat dari kain tenun khas flores.

Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 4 sore, Time to get back to Labuan Bajo, dengan transit di kota Bajawa. . Okay at least I am still proud that I have accomplished one of my dreams, seperti kata om Arnold Terminator.. I’ll Be Back! Hehehe…

11 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 09 – At Last! Taman Nasional Kelimutu

  1. selamat…. anda Hebat tidak perlu motor “canggih” untuk keliling Indonesia, gak perlu lah bmw atau tenere, yang penting semangat, niat, dan usaha…

  2. Mas Haryo dlm touring ini apakah Mas Haryo sudah prnah ksana sbelumnya ato ini pertama kalinya dgn menggunakan bantuan GPS n peta??? Btw ad fb twitter ato YM Mas??? Thx u

    1. saya belum pernah ksana sebelumnya, dengan bantuan Peta dan menanyakan ke penduduk lokal. untuk perjalanan kali ini kebetulan kami tidak menggunakan GPS

  3. sy baru menemukan blog mas bro,langsung saja sy baca habis eastxpedition saat jam istirahat kantor! pengalaman mas bro dasyat! butuh mental dan fisik yg kuat dlm expedisi ini… salut mas bro! sy jadi kepengen nyoba… artikel dikemas singkat jelas dan entertaint bgt! gw suka ada pic dgn object bonekanya,lucu.huahauaha….

    saya nantikan ekspedisi berikutnya dr mas bro!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s