EastXpedition 2011: Day 09 – Road to Kelimutu

Yes! Sudah hari ke-9 gw melakukan perjalanan ini, rasa bangga dan takut campur aduk menjadi satu. Inilah perjalanan terjauh yang pernah gw lakukan di negeri gw sendiri dan sebentar lagi target dari perjalanan ini akan segera tercapai.

Setelah sarapan, packing dan bersiap siap, tepat jam 9 kami berangkat ke arah utara kota Ende, menuju kawasan Taman Nasional Kelimutu. Perjalanan keluar kota Ende dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus khawatir akan traffic yang padat.

Namun sekitar 10Km keluar kota Ende Romi merasakan ada yang aneh dengan ban depannya dia, diputuskan untuk menepi di salah satu rumah penduduk yang kosong dan memeriksa keadaan roda/ban depan dari motornya Romi, kami sempat berasumsi bahwa velgnya mungking penyok akibat lubang selama perjalanan, setelah di periksa ternyata laher/bearing roda depan sudah hancur. Velg masih sehat hanya bearingnya saja perlu diganti.

Bearing cadangan baru sudah dipersiapkan dan siap di pasang, kami pun mengerjakan semua sendiri, namun pada dasarnya kami bukan mekanik alhasil jadi lama…hiahaha moso ganti bearing aja 1 jam ga selesai..hihihi. Selama kami mengganti ban, kami di hampiri anak anak kecil kampong tersebut, yang tadinya hanya 1 yang menghampiri pada akhirnya ada 6 anak.

Kami sempat menyapa sambil kembali membenarkan roda motornya Romi, mereka pun berbicara dengan satu sama lain dengan bahasa daerahnya yang tentunya kami tidak mengerti, pastinya sih ngomongin kita… Ge Er!! Eeeh ternyata benar, salah satu anak melihat bendera Indonesia di batok Pulsarnya Romi dan berkata “Indonesia! Dari Indonesia!” berarti mungkin tadi mereka berdebat antara mereka mengenai kita berdua berasal dari Negara mana… Super Ge eeerrr! Ahahaha

Tidak lama kemudian datanglah seorang bapak, mungkin salah satu orang tua dari anak anak ini. Ia menawarkan bantuan, namun pas kebetulan semua sudah teratasi kami pun sempat berbincang bincang sebentar dan dia mengatakan ada kemungkinan diatas nanti (gunung Kelimutu) akan berkabut tebal.

Waduh semoga tidak pikir gw… tidak lama kemudian kami pamitan dan melanjutkan perjalanan. Jalur ke Kelimutu cukup menarik dan asik juga, tikungannya banyak namun sudutnya masih enak dan tidak terlalu menanjak. Jalurnya pun diantara lereng lereng bukit, dengan view pohon bambu di pinggir lereng tersebut, ge membayangkan seolah olah kita berada di China ataupun Vietnam.

Tepat jam 1 kami sampai di pintu masuk gerbang depan kawasan Taman Nasional Kelimutu, masih ada 15 km keatas, tapi kami memutuskan untuk mencari makan dulu karena diatas tidak ada yang menjual makanan berat, sekedar pop mie ada namun tidak ada yang jual nasi.

Tidak jauh dari gerbang ada warung makan kecil, sempat hujan sebentar dan sambil menunggu hujan reda menu nasi goreng + teh manis hangat…

9 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 09 – Road to Kelimutu

    1. spare parts fast moving saja mas, tali gas, tali kopling, bearing, as roda, busi, mur, baut dan oli..🙂

  1. Remarkable journey…! Kerennnn om.. Pengen bgt ngerasain pengalaman yg sama. Apa daya kepentok jam kerja dan biaya. hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s