EastXpedition 2011: Day 07 – 8 Hours Of Sea..

 

Alarm kembali membangunkaan kami pada pukul 6..  setelah mandi dan beres kami langsung berjalan kaki ke pelabuhan, karena letak nya pas di seberang penginapan kami. Ternyata loket belum buka, setelah kami tanyakan ternyata petugas loketnya baru akan datang jam 7.. Beruntung Roland pemuda yang semalam mengantarkan kami ke losmen tempat menginap menawarkan diri untuk membelikan tiket dan mengantarkan ke losmen, jadi tidak perlu ngantri uang 130 ribu per orang pun kami titipkan ke dia.

 

Jam 7 lewat sekitar 10 menit Roland akhirnya mengetuk pintu kamar kami dan memberikan tiket yang telah ia belikan. Langsung kami mempersiapkan motor dan membawanya ke pelabuhan.

 

Ternyata ferry sudah mulai mengangkut muatan, segeralah kami masuk dan memarkir motor kami di dalam. Sambil menunggu muatan dan penumpang lain kami menikmati udara segar pagi ini di depan ferry.

 

Tepat jam 8 ferry pun sudah siap berlayar, kebayang juga nih 8 jam di dalam ferry, semoga cuaca cerah dan bersahabat, karena kalau tidak wuih serem dan bakal tidak menyenangkan perjalanan ini.

 

Langsung kami memilih bangku di kelas 1 dengan menambah extra charge 15ribu kami berharap dapat mendapatkan kenyamanan ruangan ac. Tak lama setelah ferry berlayar gw rebahan di bangku gw, karena tidak banyak penumpang yang berada di kelas 1 gw bisa rebahan sambil mendengarkan mp3, Morrissey “Everyday is like Sunday” menjadi lagu pertama yang gw putar , tak lama kemudian langsung gw tertidur…

 

 

 

Sekitar 4 jam gw tertidur, ketika terbangung gw merasakan ada yang aneh… ternyata AC ruangan kelas 1 mati.. wuih puanas seperti di sauna.. akhirnya gw memutuskan untuk keluar ke bagian belakang ferry tempat kelas ekonomi, angin terhembus dengan tenang dan membuat kelas ekonomi lebih adem dibanding kelas 1…

 

gw memutuskan untuk jalan jalan seputar ferry, sambil melihat pemandangan pulau pulau kecil yang dilewati, salah satunya adalah pulau Komodo, hmm kalau pulau Komodo seudah kelihatan berarti masih sekitar 2 jam lagi kita akan sampai Labuan Bajo.

 

Ferry dari Pelabuhan Sape mempunyai dua rute ferry yakni ke Labuan Bajo Pulau Flores dan ke Pulau Sumba ( lupa nama pelabuhannya). Nah setiap hari ferry yang menyebrang hanya 1, dikarenakan biaya yang tinggi dan jarangnya penumpang, mereka hanya menambah 1 jadwal lagi menjadi 2 jadwal penyebrangan jika pada saat mudik Lebaran.

 

Penumpang yang biasanya diangkut adalah pedagang pedagang hasil bumi atau pun sembako, bagi mereka lebih cepat ke NTB, karena kota besar yang terdekat adalah Bima NTB, di flores juga ada yakni ke Maumere, namun mereka lebih memilih ke Bima karena perjalanan tidak seberat ke Maumere.. berat? Berat gimana? Nanti akan gw ceritakan di hari ke 7 hehehe…

 

 

Selain para pedagang sembako dan klontong, ada juga truck truck ekspedisi/ kurir dari pulau jawa, rata rata mereka membawa barang2 elektronik dan ada juga yang membawa sembako dalam jumlah banyak. Bahkan binatang pun menjadi penumpang di ferry ini, dari kambing hingga kuda, wonder how much is the charge for bringing those animals??

 

Terlihat juga turis turis backpacker menggunakan ferry ini, dan semuanya adalah warga asing, ada sekitar 5 group bule yang berisi 3 hingga 5 orang, 2 dari Jerman, 2 dari Prancis dan 1 dari Australia. Mungkin karena bukan musim liburan nasional jadi tidak terlihat sama sekali turis local, kecuali kita.. hehehe

 

Tak terasa mengobrol dengan supir truck dan beberapa penumpang membuat waktu sudah dekat dan merapat ke Labuan Bajo tepat 8 jam dari pelabuhan Sape, Flores! Here we come!

 

 

6 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 07 – 8 Hours Of Sea..

  1. Cuma ada di Indonesia, ferry isinya lengkap semua gitu.
    One day, I will do same trip with my wife.

    Serem juga ya itu ferry, seperti kebanyakan ferry di indo, kapal tua..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s