EastXpedition 2011: Day 06 100KM Gravel of Fun

Jam 9 kami sudah siap berada di depan Lobi hotel disamping motor masing masing yang sudah siap jalan, tidak lupa untuk berdoa supaya perjalanan ini tetap fun dan diberi perlindungan oleh NYA. Langsung kita berangkat ke arah timur dengan target kita bisa sampai Sape sebelum magrib karena informasi yang kami dapat Ferry berangkat dari pelabuhan Sape pukul 8 malam.

Hari sebelumnya kita sudah diingati oleh Khairul temannya Romi kalau jalur selepas Sumbawa besar ada pelebaran jalan sehingga bisa dibilang menghambat karena tidak mulus. Dia pun tidak tahu jaraknya berapa Kilometer yang rusak, oh well.. Harus tetap kita lewati toh? Langsung kita tancap tidak lupa untuk menyalakan mp3 player gw, lagu The Pains of Being Pure Heart “Say no to Love” menjadi track pembuka pagi ini.

Perjalanan kearah timur ini benar benar menyenangkan, kita tidak perlu khawatir akan kemacetan atau pun lampu merah. Macet sudah jelas ga ada.. Lampu merah jarak dari kota ke kota lainnya ratusan kilometer sudah jelas ga akan ada lampu merah. Kira kira 30KM selepas kota Sumbawa besar kita merasakan pembangunan pelebaran jalan, jalan penuh dengan kerikil kerikil membuat kita harus berjalan dengan kecepatan rendah sekitar 30Kpj.

Setelah kita lewati jalan tersebut sekitar 10km kita kembali ke aspal yang bagus, aaah cuma 10 km doaaang.. Langsung tancap gas namun belum sampai 20km jalan mulus ketemu jalan lagi yang dalam pembangunan seperti yang pertama, oops we spoke too soon I think… kali ini jalur gravel ini menemani kita sekitar 20Km dan kembali mengantarkan kami ke jalan super mulus dan dengan kombinasi lurus dan tikungan melambung sepanjang 30Km wah seru nih…

Jalur dengan pemandangan padang savanna yang luas, namun karena kondisi kemarau hanya terlihat hamparan tanah kering yang luas, serunya adalah kita tetap harus waspada dengan binatang yang berada di samping jalan, kita bisa menemukan sapi, kerbau hingga kuda yang dilepas saja di pinggir jalan, terutama dengan yang kuda gw sempat kaget karena mereka ikut lari di samping kita, serasa seperti di film film documenter..

At some point kami berhenti di sejenak untuk buang air kecil dan break sebentar dari teriknya matahari yang selama perjalanan kami dari hari pertama hingga hari ini tetap tersenyum lebar kepada kami.

Perjalanan pun kami lanjut  sambil menerka nerka apakah akan ketemu jalur gravel kembali, semoga tidak ya, semoga tidak semoga tidak itu yang terus yang ada di benak gw. Namun ternyata the Gravel continues.. ok! pose berdiri diatas motor kembali kita lakukan… Tapi kok ini jalur ga habis habis ya begini terus, hati mulai khawatir waduh sampai kapan ini? Terhitung sudah 30KM kok masih aja seperti ini pas banget sama lagu yang keputar di di earset gw The Bravery “Believe”

Percaya lah sebentar lagi kita akan lalui jalur gravel ini, ketika harapan menipis dan lelah berdiri diatas motor terlihat lah sebuah restoran di tepi teluk..

Confirm! Kita harus istirahat disitu, selain letih, lapar juga bo! Parkir lah kami di halaman restoran atau bisa di bilang warung makan yang memiliki 10 lebih gazebo, ketika kita memasuki halaman terlihat seorang pria yang sedang berkemas siap siap untuk melanjutkan perjalanan, kami pun langsung berkenalan.

Piere seorang warga Prancis yang sedang liburan di Indonesia dan telah memasuki bulan ke 3 disini sedang perjalanan kembali ke Bali dari Flores, dimana dia telah menghabiskan 3 minggu keliling flores dengan motor yang ia sewa di Bali. Dia pun memberi tahu kalau jalur gravel masih ada sekitar 40Km lagi, so istirahat dulu lah kumpul kan energi, dia pun langsung pamit dan melanjutkan perjalanan…

So kita isi perut kita untuk memakan Ikan bakar hidangan warung Santong ini, disebut warung santong karena lokasinya di tepi teluk Santong, sayangnya karena sudah kelaparan Makanan pun lupa di foto, okay isi perut dulu sebelum melanjutkan perjalanan jalur gravel yang melelahkan namun menyenangkan ini, ya seperti di tayangan yang kita tonton di youtube lah.. serasa berdiri di GS kaya si dua artis di LWR-LWD itu… ahay!

8 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 06 100KM Gravel of Fun

1. Mas Hary,.. saya ijin minta fotonya yach,…. “selamt datang di kota sumbawa” dan pelabuhan Badas sumbawa….. tks so much. kapan ke sumbawa lagi…?!