EastXpedition 2011: Day04 – Negara – Padangbai –Mataram

Hari ini terbangun jam 7 pagi, namun entah kenapa badang malas untuk beranjak keluar kamar, setelah di paksakan keluar, gw sudah melihat Romi sedang meng inspeksi motornya. Akhirnya gw pun ikut menginspeksi Cindy.

Target hari ini adalah mencapai kota Mataram, diperkirakan waktu terbanyak yang akan kita lewati hari ini pastinya di Ferry, penyebrangan sekitar 4 hingga 5 jam jika cuacanya baik, so far dari sisi Bali bagian barat masih terlihat sangat cerah.

Setelah sarapan Nasi campur hidangan Losmen (saying lupa di foto) kita packing lagi, dan tercatat keluar dari gerbang losmen sekitar jam 10. Dengan estimasi jam 12 bisa sampai Denpasar dan jam 1 sampai Gianyar untuk makan siang.

Perjalanan dari Negara menuju Tabanan terhitung lancar dengan jalur yang mulus dan campuran dari jalur lurus dan tikungan yang tidak terlalu tajam, cukup menyenangkan untuk di lalui dengan speed rata rata 60kpj. Setelah 1 jam dari perjalanan baru lah traffic jalur ini mulai padat dengan adanya truk dari dua arah truk yang ngantri membuat kita harus bergantian menyalip, kondisi jalan yang di dominasi tikungan membuat resiko dalam menyalip truk sangat besar terutama rata rata mereka jalan dalam berombongan rata rata 3 truk. Effort yang diperlukan sangat keras.

Gw pun menulis tulisan ini pada saat ini bisa di bilang gw sangat beruntung lolos dari maut, ketika gw asik menyalip 2 rombongan truk gandeng  di sebuah tikungan tidak gw sangka dari arah berlawanan ada truk ukuran sedang sedang melintas dengan reflek gw mencoba untuk masuk ke dalam celah antara 2 truk gandeng yang gw coba susul, bisa terasa hempasan angin yang sangat kencang ketika truk yang dari arah berlawanan, gw merasa sangat.. gw ulangi sangat sangat sangat dekat dari bagian sisi luar gw.

Atas insiden tersebut gw sempat mengurangi laju perjalanan sambil mencoba merenung dan bersyukur lolos dari head to head collision dengan sebuah truk, jika gw tidak lolos its Game Over for this Xpedition! Haha! Untuk menimbulkan rasa semangat kembali gw memutar Delphic “Counterpoint” untuk menemani gw siang itu.

Saat ini kondisi Bali menurut gw sudah padat dan tambah terasa ketika kita memasuki kota Tabanan, antrian kendaraan tidak terhindarkan, volume truk, mobil pribadi ditambah juga dengan jam bubaran sekolah serasa masih di Jakarta saja dan ketika waktu menunjukkan pukul 12 kita masih belum sampai Denpasar!

Ketika masuk Denpasar pun kepadatan makin menjadi, baru terasa lowong setelah kita lewati Gianyar, pukul 2 kurang kita sudah dekat dengan pelabuhan Padangbai dan kami memutuskan untuk break sejenak sambil makan siang.

Jam 3 pun sampai di pelabuhan Padangbai dan siap naik Ferry. Penyebrangan kali ini volume kendaraan tidaklah banyak, terlihat tidak sampai setengah dari kapasitas kendaraan yang terisi, Cindy pun harus diikat karena mengingat ombak pada penyebrangan kali ini ombaknya cukup tinggi.

Apa yang kita lakukan di penyebrangan yang memakan waktu 4 jam ini? Tidur, bangun, tidur, bangun, ke wc, tidur lagi dan terakhir memandang gunung Gede yang kian menjauh sambil mendengarkan MP3, Kasabian “Fire” lah salah satunya.. bagi penggemar Barclays Premier League pasti suka dengan lagu tersebut.

Jam 7 Ferry pun bersandar di Pelabuhan Lembar, yeah! Lombok we meet again! Langsung tancap gas ke Mataram dengan tujuan hotel Astiti, tahun 2008 silam gw menginap di hotel tersebut dan sudah merasa comfort, sehingga kali ini kita kesana kembali.

Dan ternyata hotelnya pun telah di renovasi sehingga menjadi lebih nyaman, harga pun tidak berubah hanya 150rb. Recommended budget hotel! Di loby hotel kita bertemu dengan Khairul, teman kerjanya Romi waktu dia pernah ada project di Mataram.

Dia pun menjelaskan jalur Sumbawa yang dimana kita akan melintasinya besok, dia member tahu titik mana saja yang jalannya masih dalam pembangunan. Setelah planning rute sambil nonton Timnas di kalahkan oleh Bahrain, kita pun makan malam di seberang hotel menu Daledo Kambing lah yang gw pilih, katanya makanan khas Mataram, enak juga rasanya mirip Kari.

Tidak terasaa sudah pukul 11 malam, badan pun ingin langsung menyentuh Kasur. Besok kita akan nyebrang ke Sumbawa melewati jalur utara Lombok.. yeay!

8 thoughts on “EastXpedition 2011: Day04 – Negara – Padangbai –Mataram

1. uhuhuhuhu… gwa dulu juga treknya sama, cuman situ pake motor gwa pake bis, ga mampu gwa naik motor lama2, begitu nyebrang dari mataram ke pulau sebelah edun lah, lik dis lah

2. Jadi inget kalo ente pernah mengalami kecelakaan di daerah kali malang karena bertabrakan dengan sepeda motor lainnya waktu menyalip, jangan sampai terulang lagi dan jadi penyesalan berkepanjangan….have a safe riding bro😀