EastXpedition 2011: DAY 03 –Tawangmangu to Negara

Alarm handphone berdering tepat pukul 5 pagi. Entah kenapa badan langsung merasa segar dan siap untuk melanjutkan perjalanan ini. Setelah packing dan inspeksi keadaan motor , gw dan Romi berangkat meninggalkan Tawangmangu menuju Timur.

Dengan ditemani alunan lagu dari Arcade Fire “ Ready to start “ membuat riding pagi ini sangat bersemangat dan bebas.

Kawasan Tawangmangu dan Cemoro kandang kami lewati dan memasuki daerah Sarangan, view yang disuguhkan sungguh luar biasa, di tambah dengan aroma pohon cemara yang sangat tajam kami berhenti di sebuah spot yang bagi gw adalah spot yang sangat indah untuk di nikmati pada pagi hari ini. Sekitar 10 menit kami berhenti dan pada saat itu mengetahui kalau bracket knalpotnya Romi patah, satu hal yang luput dari inspeksi tadi.

Tujuan utama sekarang adalah mencari tukang las, untung kami membawa kawat sehingga untuk pertolongan pertama knalpot kami ikat dengan kawat ke footstep. Perjalanan kita lanjutkan melewati Sarangan dan kota Magetan pagi ini sangat lancar dan tanpa hambatan.

Tak terasa sudah memasuki kota Madiun dimana kita menemukan sebuah bengkel Las yang sudah buka.

Okay! Masalah knalpot sudah beres mari kita lanjutkan dengan target kota Nganjuk untuk Sarapan, sekitar jam 8 kami sampaik kota Nganjuk dan sarapan nasi Pecel yang ampuh membuat perut yang memberontak jadi kalem kembali.

Perjalanan dari Nganjuk – Jombang – Mojosari terpantau padat dari yang gw perhatikan adalah para pemudik yang akan kembali ke Surabaya dari kota Madiun. Nganjuk dan Kediri, sehingga perjalanan agak terhambat, belum lagi kami memilih mengalah dari bis bis besar yang super cepat seperti Sumber Kencono dan Mira, karena perjalanan kami masih jauh sebaiknya kami mengalah untuk simpan tenaga.

Tak terasa jam 1 kami sudah melewati kota Pasuruan dan memutuskan untuk berhenti agak lama sekaligus makan siang. Jalur selepas Gempol – Bangil – Pasuruan hingga Probolinggo di dominasi oleh truk truk sehingga dan cuaca yang panas dan penuh debu.

Jam 2 kami lanjutkan perjalanan menyusuri jalur utara Jawa timur, ketika memasuki daerah Paiton jam 4an traffic mulai lowong kami memutuskan untuk berhenti di Pom bensin pertamina Utama Raya untuk mengisi bahan bakar dan break sejenak. Oh ya pom bensin Utama Raya adalah pombensin dengan fasilitas yang cukup mewah menurut gw, fasilitas yang bisa kita temui di Rest area jalan tol Cipularang, yup disana ada minimart, restoran, café hingga hotel, yes I mean a real nice hotel dengan rate 170 hingga 200 ribu per malam.

Pada saat waktu menunjukkan pukul 6 sore, kami break magrib di Asem bagus. Sempat ada rasa kuatir bakal melewati baluran dalam keadaan gelap seperti perjalanan tahun 2008 silam, ya atleast kali ini ada temannya hehehe. Bener juga ketika masuk ke kawasan hutan Baluran keadaan sangat gelap namun yang berbeda adalah jalan sudah lebih lebar dan traffic sudah tidak kosong seperti ketika gw lewati tahun 2008 silam di tambah lagi jalan yang sudah bagus dan mulus sehingga kita bisa maintain speed rata rata 80kpj sehingga tidak terasa kita sampai di Ketapang jam 7.30 malam wib, wah sebentar lagi memasuki wita kita!

Penyebrangan dari Ketapang ke Gilimanuk dengan biaya Rp 16.000,- per motor + pengendara, sangat lah singkat sekitar 30 menit, memasuki Gilimanuk yang seperti biasa motor mengantri untuk pemeriksaan surat surat kendaraan dan kependudukan, yang lucunya kami tidak diperiksa dan langsung dipersilahkan jalan.

Pukul 9 malam wita kami lepas dari Gilimanuk dengan target Negara untuk mencari penginapan, ternyata hanya sekitar 30 menit kita sudah sampai Negara namun yang jadi masalah sekarang semua losmen yang kita masuki semua kamarnya sudah terisi, sekitar 1 jam kita habiskan waktu untuk masuk dari losmen yang satu hingga yang lainnya dan semua penuh, sampai kepikiran untuk lanjut saja ke Denpasar namun badan sudah tidak mumpuni, ketika harapan hampir habis kami mencoba memasuki Hotel terakhir yang tidak jauh dari dealer Bajaj Negara.

Alhamdulilah yaa.. ada 1 kamar kosong. Sesuatu banget ya! Walaupun tidak ada fan dan TV.. who needs them?? We just want to sleep!

Dan malam ini kami akhiri dengan alunan lagu dari Nouvelle Vague ” Love Will Tear Us Apart “

Mari tidur… Sampai jumpa besok, kita akan lanjut ke Mataram..