EastXpedition 2011: DAY 02 – Seputar Tawangmangu

Hari ini sebenarnya hari istirahat sambil menunggu Romi, ya Tawangmangu menjadi lokasi rendezvous bagi gw dan Romi sebelum kita riding bareng dalam perjalanan ini. Sebenarnya kita seharusnya berangkat bersama pada hari pertama kemarin, namun karena ada urusan keluarga mendadak Romi harus berangkat hari ini. Romi pun mengambil jalur selatan untuk mencapai Tawangmangu.

Sambil menunggu Romi gw memutuskan untuk ride about di sekitar Tawangmangu, di lokasi ini banyak tempat wisata alam. Air terjun, camping ground, outbound dan lain lain. Tadinya gw mau ke air terjun Grojogan Sewu namun gw lupa kalau pada saat itu adalah liburan lebaran, al hasil padat dan ramai pengunjung yang mengakibatkan antrian panjang kendaraan untuk memasuki kawasan air terjun. Gw memutuskan untuk putar balik dan lebih baik Ride-about aja sampai atas di Cemoro sewu sambil mencari makan siang, dalam perjalanan naik akhirnya gw memutuskan untuk menyantap Tongseng untuk makan siang gw.

Kawasan Tawangmangu kalo bisa di samakan di jawa barat ya seperti kawasan puncak-bogor lah, namun dengan kondisi jalan yang blum selebar kawasan puncak. Jalan pun cukup ramai dengan wisatawan lokal bermotor yang sekedar berkendara hingga Cemoro Kandang (puncak pas nya) untuk berhenti di warung kopi atau pinggir jalan untuk menikmati pemandangan.

Sesampainya di cemoro kandang yang tepatnya juga adalah perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur (CMIIW) gw berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan. Setelah sekitar 15 menit gw disana akhirnya gw kembali ke bawah sambil santai menikmati pemandangan alam hijau sekitar, sekitar 4 km dari Cemoro kandang gw berada di pertigaan dimana ada suatu jalan yang gw perhatikan sepi dan tidak ada kendaraan yang melaluinya, akhirnya gw iseng dan mencoba melaluinya, jalan sangat lowong dan mulus seperti baru selesai di aspal setelah memasuki sekitar 3 Km ternyata buntu mentok ke sebuah tebing. Mungkin ini adalah jalur Bypass supaya tidak terlalu menanjak namun belum jadi.

Di jalan buntu ini sebenarnya pemandangannya cukup bagus untuk dinikmati al hasil gw cukup lama berada disini menikmati pemandangan yang pada akhirnya timbul rasa penasaran karena jalan ini buntu ke sebuah tebing apakah mungkin di balik tebing ini ada jalan yang sama.

Langsung gw beranjak dan mencarinya, dan ternyata benar sekitar 6 hingga 7Km dibawah ada pertigaan yang juga terlihat jalan sepi, karena penasaran gw pun memasuki jalur tersebut dan ternyata benar jalur ini pada akhirnya buntu yang menurut pengamatan gw berada di balik bukit/tebing yang disisi jalan buntu sebelumnya.

Kalau jalan bypass ini jadi dan menyambung memang akan sangat membantu traffic karena jika melewati bypass ini kendaraan kita tidak perlu keluar tenaga banyak untuk menanjak di kemiringan yang cukup curam. Dan di jalur bypass ini banyak tikungan yang asik untuk merebah.

Tidak terasa jam telah menunjuk pada pukul 5 sore, akhirnya gw memutuskan kembali ke penginapan, sesampainya di penginapan gw baru menyadari kalau disebelah losmen gw ada sebuah sekolah, yang dimana pemberitaan di TV sekolah tersebut sempat bikin heboh yakni penolakan untuk menghormat kepada bendera Sang Saka Merah Putih.

Pada jam 6 sore Romi mengirim bbm kalau dia sudah di Solo dan otw ke Tawangmangu, yang pada akhir sampai dengan selamat di depan pintu kamar gw jam 7 malam. Setelah mandi kita makan malam, dan gw memilih untuk makan Timlo lagi.. sepertinya ketagihan dari yang semalam.

Besok kita akan lanjut dengan target sampai Bali.

Supported by
Galeri:

6 thoughts on “EastXpedition 2011: DAY 02 – Seputar Tawangmangu

1. ” Gw memutuskan untuk putar balik dan lebih baik Ride-about aja sampai atas di Lawang sewu sambil mencari makan siang, ”

koreksi dikit bulan Lawang sewu mas tapi Cemoro Sewu

sebenarnya klo ga pas weekend atau musim liburan jalan daerah ini sepiii, enak sih klo udah jam 2 ke atas, cemoro sewu naik sampai sarangan udah muncul kabuttttt berasa kaya ga di Indonesia hahaha