EastXpedition 2011: Day 01 – Home to Tawangmangu

 

Hari pertama, bangun jam 4 pagi, setelah siap siap akhirnya berangkat juga. Perasaan di hati masih tidak percaya kalau gw akan melakukan perjalanan jauh. Ngaspal di lima pulau dan akan melakukan 8 kali penyebrangan pulang pergi.

Sempat di bbm oleh Dimas yang ingin ikut nemenin sampai Cikampek dan gw iyakan dan janjian di salah satu pom bensin di Kalimalang. Setelah ketemu dimas gw langsung tancap gas ke arah timur. Tidak ada yang bisa di ceritakan di perjalanan dari rumah hingga gw berpisah dengan Dimas di Cikampek. Bahkan hingga Indramayu jalur yang gw lewati masih sepi oleh pengendara, ketika mulai memasuki Cirebon hingga Tegal baru terlihat kepadatan arus balik lebaran dari arah berlawanan volume perjalanan sangat padat dan cenderung tersendat.

 

Jam 9 gw memutuskan untuk break sebentar di SPBU Muri di Tegal yang memiliki jumlah Toilet terbanyak. Akhirnya gw lanjutkan perjalanan dengan target makan siang di Semarang, selama berjalan ke Semarang jalur yang berlawanan makin ramai terutama ketika masuk ke sebuah kota dan keluar, baru kepadatan berkuran ketika memasuki daerah Alas roban.

 

 

Tak terasa jam 1 sudah sampai di Semarang, gw sebelumnya janjian dengan Nanang teman kerja gw ketika mengerjakan program Masterchef Indonesia yang kebetulan orang Semarang, setelah janjian di depan Lawang Sewu yang ternyata hanya sekitar 2 blok dari rumahnya Nanang. Nanang langsung mengajak gw makan di Rumah makan Kepiting Cak Gundul, dia tau banget kalau gw penggemar Kepiting, tidak kira kira yang dia pesan buanyak bener untuk 3 orang (Gw, Nanang dan adiknya).

 

Rasa lapar langsung hilang setelah melahap kepiting saos lada hitam dan saos padang, itupun masih sisa. Akhirnya di sisanya di bungkus untuk makan malam nanti. Gw perpisah dengan Nanang sekitar jam ½ 3 dan langsung melanjutkan perjalanan.

Dari Semarang ke Salatiga traffic masih lowong, namun ketika melewati Salatiga menuju Boyolali traffic sangat padat dari 2 arah, arah ke Semarang maupun ke Solo/Jogja. Saking padatnya hingga magrib pun gw belum masuk ke Boyolali.

 

Gw memutuskan untuk istirahat sejenak di sebuah pom bensin yang gw ga tau nama daerahnya. Sambil istirahat gw berbicara dengan seorang warga Solo yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Solo yang kemudian memberitahukan jalan alternative untuk menghindari kota Boyolali dia menawarkan untuk mengikuti mobilnya karena tidak ada tanda/petunjuk arah ke jalan alternative tersebut. Berkat jalur alternatif tersebut gw dapat menghindar dari kemacetan masuk dan keluar kota Boyolali, sebelum masuk kota Kartosuro gw sebelumnya sudah dapat pengarahan dari Angga Sobisco untuk masuk ke jalur alternatif sebelum Kartosuro, jalur yang melewati daerah Colomadu ini langsung nembus keluar di daerah Karanganyar. Di Karanganyar gw bertanya arah untuk ke daerah UNS dimana Angga dan teman teman dari Sobisco telah menunggu. Sekitar jam 9 Malam akhirnya gw ketemu Angga dan langsung melanjutkan ke Tawangmangu.

 

Yang pada Akhirnya jam 10 lewat dikit gw sampai di penginapan yang sebelumnya sudah dipakai oleh Yufi di hari sebelumnya dimana dia melakukan perjalanan ke Bromo. Setelah unpacking dan mandi air hangat gw, Angga dan teman teman Sobisco makan malam, dan gw mencoba masakan khas disana yakni Timlo yang ternyata sangat lezat, di Jakarta kayanya gw belum nemu yang jual masakan ini. Setelah makan malam dan sharing dengan Angga dan teman temannya tak terasa jam menunjukkan pukul 1 malam. Angga dan teman temannya pamit, kepiting yang gw bungkus dari Semarang pun akhirnya gw berikan ke Angga, secara gw ga bias ngangetinnya juga hehehe…

 

Besok gw punya waktu seharian untuk istirahat, sambil berputar putar sekitar Tawangmangu menunggu Romi yang baru melakukan perjalanan dari Jakarta melewati jalur selatan. Oh iya perjalanan ini akan dilakukan oleh dua orang dengan dua motor, kebetulan Romi pernah punya project di Flores sehingga kembali kesana bagaikan nostalgia…

 

Supported by

 

7 thoughts on “EastXpedition 2011: Day 01 – Home to Tawangmangu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s