BMW GS1200 ADVENTURE VS KTM 990 ADVENTURE

Kedua motor ini mungkin adalah idaman semua bikers yang doyan touring termasuk diri gw sendiri, beruntung gw dapat mencicipi rasa dari kedua motor idaman ini. Namun jika di minta memilih berdasarkan selera desain, kemampuan berkendara dan kemampuan fisik mana yang lebih preferable untuk gw pilih?

Desain?

Dari segi desain, kedua motor ini bagi gw sangat eye catching, terutama si GS, yes! ketika gw mengendara ini secara visual gw merasa gagah dan tidak tertandingi hehehe.. sedangkan dengan 990 adv tetep terlihat eye catching namun legih ke arah unik. So dari segi desain GS lebih unggul bagi gw.

Akselerasi?

Dengan cara berkendara gw, 990 adv memiliki akslerasi yang cocok untuk gw, cukup galak namun masih dapat dikontrol, sedangkan GS mungkin jika kita lebih berani akselerasinya bisa galak, namun gw sendiri tidak berani karena takut tidak dapat gw kontrol. 990 adv lah yang lebih unggul bagi gw.

Bobot?
990 adv bagi adalah motor yang tidak terlihat berat dari penampakannya, untuk memarkirnya/ mendorongnya tidak sukar dan mudah, berbeda dengan GS dimana memerlukan energi yang cukup besar untuk mendorong, bahkan lebih sering memerlukan bantuan orang lain berparkir..

Handling?
Handling bagi gw behubungan dengan bobot motot tersebut, bagi gw memakai 990 adv sangat menyenangkan, tikungan yang lumayan tajam dapat gw lewati tanpa usaha yang berat, sedangkan dengan GS kita merasa kaku jika harus melalui tikungan tajam, perlu energi ekstra untuk mengontrol motor, namun jika travel pada kecepatan tinggi yang konstan GS lebih baik, pada kecepatan 160kpj 990 adv sudah terasa sedikit goyang sedangkan di GS masih stabil.

Kenyamanan?
Dalam kenyamanan perjalanan jauh gw merasa 990 adv joknya tidak selebar GS, sehingga masih terasa pegal di bagian belakang, sedangkan GS memang dibuat untuk perjalanan jauh, joknya terasa lebih nyaman.

So kalau di minta untuk memilih sesuai kemampuan bekendara gw, gw akan memilih KTM 990 adv, karena lebih ringan, lebih mudah bermanuver dan power yang lebih dari cukup untuk gw. Tinggal putar otak supaya jika jalan jauh bokong ga pegal… hehehehe

Link preview masing masing:

KTM 990 Adventure: https://haryowidodo.wordpress.com/2011/02/12/ktm-990-adventure-1st-dream-come-true/

BMW GS 1200: https://haryowidodo.wordpress.com/2011/03/28/bmw-gs1200-adventure-ultimate-dream-riding-experience/

6 thoughts on “BMW GS1200 ADVENTURE VS KTM 990 ADVENTURE

  1. bro, ktm 990 adv katanya tangkinya 2 ya?
    trus penggunaan side box yang segede gaban gitu menganggu handling ga?
    kalo ngakalin biar joknya 990 adv enak, pasangin aja air hawk

  2. pasti menyenangkan bisa jalan jauh memakai BMW GS series !! saya rejekinya baru punya K 1100 RS 93,. saya ride dari jkt ke 0 km pulang pergi, u track aspal ga ada matinya sampe 220 kpj. tapi gitu ketemu jalan terkoyak2 dan berbatuan, lumayan depresi hahahhah …………….kapan ney jalan bareng brad??

    1. Makasih brad! iya alhamdulilah ada yang mau meminjamkan untuk jalan jauh, karena sudah pasti blum bisa memilikinya🙂, wow jalan bareng K1100? asal mau nungguin saya yang ketinggalan jauh dibelakang pakai P220 seru juga..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s