Benson Like – First Impression

on

Minggu lalu gw menghadiri resepsi pernikahan seorang teman di daerah Pondok Pinang, ketika gw pulang gw melihat sebuah scooter yang tidak familiar, setelah dilihat dengan dekat ternyata adalah sebuah Benson Like

Kok logonya Kymco? Ya bagi yang belum tahu, Kymco motor sebenarnya sudah tidak lagi beroperasi di Indonesia, kalau ga salah sudah 3 tahun gulung tikar (cmiiw).

Namun setahun belakangan ada sebuah perusahaan yang mengimpor langsung produk produk Kymco, perusahaan yang terletak di Bali ini membranding ulang namanya dengan Nama Lokal yakni Benson.

Ga lama ketika gw melihat lihat scooter ini sang empunya datang, dan ternyata rekan gw dari Redzone Bro Andre yang datang bersama istrinya menceritakan kalau dia baru saja 1 minggu membeli Benson like dengan kondisi off the road (jadi platnya masih fiktif hehehe), kenapa off the road?

Dia menuturkan karena dealer di berada di Bali, mereka hanya melayani on the road untuk wilayah Bali, jadi jika yang membeli dari wilayah luar Bali, maka untuk kelengkapan pemilikan (STNK & BPKB) harus mengurus sendiri, Andre menuturkan bukan sebuah masalah karena dia juga kebetulan ingin memesan nomor cantik.

Kenapa memilih Like? Sebenarnya Andre memang dari pertama gw kenal (kurang lebih 5tahun yang lalu) dia memang fanatik dengan scooter lebih sepesifik dengan produk Scooter Taiwan dan Korea, tercatat selama gw kenal dia pernah memiliki Sanex Hussar, Kymco Trend, Libero.

Balik ke pertanyaan kenapa Like? Menurutnya dengan harga yang lebih rendah dari Piaggio (dia merefer ke ET4) ia mendapatkan kenyamanan dan peforma yang sama.

Gw sempat mencoba memutari lapangan parkir tempat resepsi, terasa memang riding position sama seperti Piaggio, jok yang empuk dan lebar, tarikan juga ok, walaupun ga bisa melesat cepat seperti Mio atau Vario, namun scooter ini memiliki kestabilan yang baik di putaran tinggi. Dia menceritakan dengan berboncengan scooter Like masih stabil di kecepatan 90Kpj katanya sih masih mau lebih namun udah keburu ada limiter kecepatan manual (cubitan sang istri) hehehe..

Kelengkapan standarnya juga sudak sangat bagus, disbrake roda depan dan belakang, Bagasi dibawah jok yang luas, Rear Box yang kuncinya sama dengan kunci stater, dan juga ada socket untuk ngecharge handphone atau pun gadget lainnya.

Soal spare parts dan service gimana? Kalau soal spare parts Andre mengaku memang harus memasan langsung ke Bali, namun dia sudah antisipasi ketika membeli dia juga sudah memesan fast moving parts seperti kampas rem depan belakang, roller, kabel gas dan semua dikirim berbarengan dengan motor, so tidak ada perlu takut. Soal service bukan sebuah masalah karena dia sudah memiliki montir langganan yang datang ke rumah untuk menservice, montir yang udah langganan dari 4 tahun yang lalu.

Kebetulan juga Andre memiliki sebuah Piaggio Zip juga bisa nih kapan kapan bikin komparasi? Boleh aja kabar kabari aja kapan katanya..

Engine:  
Engine Type  Single-Cylinder
Cylinders  1
Engine Stroke  4-Stroke
Cooling  Air
Valve Configuration  SOHC
Starter  Electric / Kick
Fuel Requirements  Regular
Fuel Type  Gas
Transmission:  
Transmission Type  Continuously Variable (CVT)
Primary Drive (Rear Wheel)  Belt
Wheels & Tires:  
Front Tire (Full Spec)  120 / 70 – 12
Rear Tire (Full Spec)  130 / 70 – 12
Brakes:  
Front Brake Type  Hydraulic Disc
Rear Brake Type  Hydraulic Disc
Technical Specifications:  
Wheelbase (in/mm)  51.9 / 1318.3
Fuel Capacity (gal/l)  1.6 / 6.1
Advertisements

14 Comments Add yours

  1. raiderobie says:

    cakep! desainnya keliatannya berisi…ditunggu komparasi sama piagionya pak bro

    1. haryowidodo says:

      21jt Off The Road om…

  2. blognyamitra says:

    Kalo gak salah di Jakarta blom ada dealernya tapi di Bandung udah ada…

  3. Arif Rakhman says:

    om, boleh sharing gimana caranya ngurus motor off the road? ato saya boleh kontak langsung ke bro andre? thx b4.

    1. haryowidodo says:

      Langsung lewat biro jasa bro, sangat mudah kok dan lebih cepat dibandingkan lewat dealer.

  4. maRio says:

    sayang harganya
    nambah dikit bisa dapat 2 mio hehehe

  5. abukemal says:

    mangtafffb, ………. kepingin, menabung,…………………… berdo’a

  6. Yogiajah says:

    Wuuih dah ganti aja om andri yaajadi pengen ;-( btw nice review kang Haryo 😉

  7. Scuderio says:

    mas haryo,kira2 abis brapa yah klo urus lewat biro jasa buat di jakarta nih. dr kmrn bingung mau beli off the road surabaya ato OTR bandung aja pake KTP sodara.
    Thanks.

    1. haryowidodo says:

      biasanya lebih murah 500 sampai 1jt dari on the road mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s