Mencoba Modenas CTric

Setelah liat liat bagaimana proses perakitan motor di pabrik modenas. Saatnya Test Ride!!! Motor yang di test juga bukan motor biasa. Sbuah motor elektrik, namun bukan motor elektrik biasa

 

Jika kita di minta untuk membayangkan produk motor elektrik, yang terlintas pada bayangan kita adalah motor elektrik berbentuk mirip scooter dan kecil. Modenas berhasil mengembankan teknologi dan desain sehingga motor elektrik yang mereka hasilkan berbentuk seperti motor bebek dan bertenaga seperti motor bebek juga.

 

Sekilas jika kita melihat motor yang dinamakan CTric ini kita tidak akan menyangka kalau ini adalah motor elektrik, kita baru menyadari jika kita lihat tidak adanya knalpot dan tidak ada pedal perpindahan gear. CTric dapat dibawa melaju hingga 80kpj (tergantung bobot pengendara). Kebetulan track yang kita coba dalam  sesi test ride ini merupakan jalur menanjak dan terdiri dari tikungan tikungan siku.

 

Socket untuk pengisian ulang batere

 

First impression kita mengendarai terasa agak janggal, terutama pada telinga kita dimana kita bisa mendengar suara knalpot ketika gas di putar namun pada Ctric sama sekali tidak keluar suara, yang keluar hanya seperti suara mobil mobilan remote control batere.

 

Tenaga yang dihasilkan menurut gw cukup baik dan responsif, tarikan awal sangat cepat. Untuk manuver sama seperti motor bebek pada umumnya tapi sedikit enteng. Pengereman juga sangat baik ketika gw coba turun dari bukit yang jalurnya sering digunakan untuk sunday race supermoto ini CTric dapat mengerem dengan responsif, bahkan gw sempat cucuk cucuk an (mengambil istilah om Tri) dengan beberapa anggota dan kebetulan juga gw berboncengan dan CTric dapat meladeni gaya bawa gw dengan late breaking pada saat sebelum tikungan.

 

Umur batere dari CTric yang terbuat dari batere nano berjumlah 5 buah ini diklaim jika kita berkendara konstan 50kpj dapat bertahan hingga 60-70km. Waktu pengisian batere hingga penuh memakan waktu 3 hingga 4 jam dari kosong.

 

switch mundur

Namun ada satu fungsi yang kurang sreg di gw, yakni fungsi mundur dari CTric, tidak hanya Goldwing yang punya Gear mundur, CTric juga punya! ya tapi bagi gw tidak perlu karena motornya sendiri sudah sangat enteng.

Overall ini adalah produk yang inovasinya cukup baik dan patut di acungi jempol. Untuk saat ini target market dari CTric adalah untuk transportasi di lingkungan pabrik, namun dalam waktu dekat akan dijual secara umum dan tentunya legal untuk di jalan raya, pastinya dengan stnk dan plat nomor.

Produsen motor di Indonesia patut mengikuti langkah Go Green yang dilakukan oleh Modenas ini, mungkin kah memproduksi motor yang sejenis seperti CTric??

17 thoughts on “Mencoba Modenas CTric

  1. wah mantap..

    penggerak motor berupa dinamo besar, trus klo tutup throtle ada engine brakenya gak, apa bablas aja kaya motor matic??

    1. kalau tutup throtle sama seperti matic om… jadi harus tetap waspada. tapi piranti pengeremannya mantabs dan responsif kok.

  2. Kenceng mana sama motor matic china yg sudah beredar lama di Jakarta? Waktu gue liat di Mall, kata SPGnya motor listrik tidak perlu plat nomer, krn tdk kena pajak spt motor.. Kalo di Malaysia sendiri motor listrik macam ini kena pajak kendaraan bermotor gak? kan bukan bermotor dan ga jelas CCnya..
    Kalo di Malaysia sudah ada pajak tahunannya, Indonesia pasti akan ikut2an.. Soalnya selama ini kendaraan listrik hanya untuk muter2 di komplek perumahan. Kebayang naik motor listrik di jalanan, tidak ada suaranya.. tau2 nongol, nyalip/ belok, pasti kaget deh pengendara dan pejalan kaki..hehehe🙂

    1. Jauh lebih kenceng ini, tarikan awalnya aja sama ama Mio. Untuk saat ini baru dijual untuk wilayah kompleks perkantoran dan pabrik dulu di Malaysia.

  3. kira2 berapa harganya Om? kelihatannya lebih bagus dibandingkan e-moto yg di indonesia. Coba kalau semua beralih ke teknologi motor listrik pasti udara tambah bersih.

  4. wahhhhh… ada gigi mundurnya ya mas?…. lumayan neh, sistemnya gimana? only dinamo?… aq mo pake buat bikin trike supaya bisa mundur….

    1. sistim kerja secara detail saya tidak di infokan om… namun keliatannya simple kok kata mereka sistimnya sama kaya mobil mobilan remote control..😀

    1. maka dari itu om… penjualan masih di kalangan pabrik dan komplek industri, untuk road legal masih di kaji oleh departemen transportasi di sana

  5. jangan beli dulu, tengok orang pakai dulu. biasanya yg mula2 beli, kita akan jadi experiment by modenas.. nnt dia akan upgrade sampai kualiti bagus. risau pasal spepart jer. jual tp bila rosak spepart takde.. hoho…

  6. YTH Bapak Haryowidodo, Thank you for your contribution… positive reports about Malaysia. Keep up the good work and you’ll be richly rewarded. 1Malaysia Boleh!

  7. Friday June 17, 2011. Modenas launches electric bike!

    SHAH ALAM: Malaysian riders can now go greener with the launch of the country’s first electric-powered motorcycle.

    The Modenas CTric is fully powered by a battery which allows travel for as far as 60km on a single charge.

    Energy consumption for the environmentally-friendly vehicle, which can hit a top speed of 70kph, is as low as one sen per km.

    He added that the CTric had received interest from Greece, Holland, Korea and Vietnam, with Iran already placing an order.

    http://thestar.com.my/news/story.asp?file=/2011/6/17/nation/8916620&sec=nation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s