Menikmati Pulau Pangkor – Satay Ikan & Kota Belanda

Di dekat tempat pembuatan kapal Tongkang tradisional ternyata ada Kilang Satay Ikan, Kilang dalam bahasa indonesia adalah Pabrik.. nah jadi Pabrik Satay Ikan itu memproduksi apa?

 

Ternyata Satay Ikan adalah Ikan Asin… huuu gw pikir sate ikan…hehe ternyata berbeda sama sekali, well prosesnya sih sama aja seperti di Indonesia, gw ga lama lama disini karena ga kuat sama bau amisnya… yang pasti produk Ikan Asin dari pulau pangkor adalah yang paling terkenal di Malaysia di pulau ini memiliki beberapa pengusaha penghasil ikan asin mentah, dan yang gw kunjungi ini (Hai Seng Hin) adalah salah satunya.

 

Setelah mampir di pabrik ikan asin, gw lanjut lagi untuk tujuan terakhir di pulau pangkor, yaitu kota Belanda.

 

Dulu pada jaman sebelum Inggris menjajah Malaysia konon dulu ketika masih terbagi dalam beberapa kerajaan, Belanda sempat berada di pulau pangkor untuk membantu Raja Perak membendung serangan dari Raja Muangthai (Thailand). Dan ketika Kerajaan Perak dengan bantuan Belanda berhasil mengusir invasi Kerajaan Muangthai, Belanda pun diusir dari pulau Pangkor…

 

Yang tersisa adalah sebuah Benteng namun sudah berbentuk reruntuhan dan beberapa meriam. Lokasi ini dijadikan Monumen sebagai tanda berhasilnya bangsa Malaysia mengusir Belanda.

One thought on “Menikmati Pulau Pangkor – Satay Ikan & Kota Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s