Menara Condong – Teluk Intan

Kenyang dan terkumpulnya energi membuat gw siap untuk melanjutkan perjalanan, saatnya ber tolak dari Kampung Dorani lanjut ke ke check point berikutnya yaitu kota Teluk Intan.

Kotak Teluk Intan terletak di negara bagian Perak, dan merupakan kota terbesar di bagian selatan  negara bagian ini, namun masih lebih kecil dari ibukota negara bagian yakni kota Ipoh. Kota yang memiliki populasi sekitar 110,000 penduduk. Pada awalnya berdiri kota ini kota ini dipopulasi oleh  pengungsi yang berasal dari pulau Sumatera yang lari dari penjajahan portugis pada tahun 1511.Pada  jaman kolonial Inggris kota ini bernama Teluk Anson dinamakan atas nama seorang Pejabat Inggris  yang membuat/membangun kota ini sebagai kota yang modern pada tahun 1882.Baru pada tahun 1982  Sultan dari Kerajaan Perak mengganti menjadi Teluk Intan.

 

Ketika gw sampai di kota ini rombongan langsung dibawa ke sebuah lapangan yang di dalamnya berdiri sebuah menara condong, yes menara condong seperti yang di Itali itu tuh menara Pisa. Katanya si ini adalah menara condong kedua si dunia setelah menara Pisa. Keren juga euy!

 

Menara Condong ini didirikan pada tahun 1885 oleh seorang pembangun Cina, Mr Leong Choon Cheong. Menara ini awalnya digunakan sebagai menara untuk menyimpan air untuk warga kota tersebut.  Menara ini memiliki jam yang berdering setiap 15 Menit, dan juga pernah berfungsi sebagai pemandu kapal untuk masuk ke pelabuhan teluk Intan.

Sekarang menara ini adalah objek wisata khas kota Teluk Intan..

One thought on “Menara Condong – Teluk Intan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s