Quick Getaway: Tidung Part02

Day 02

Jam 5 alarm hp bunyi, spontan langsung bangun karena gw tidak mau kehilangan momen sunrise, cuci muka dan langsung mengambil sepeda sewaan. Gowes ke arah Timur pulau tidung, which is kearah pulau Tidung kecil kembali.

Langsung parkir sepeda dan berjalan ke jembatan pulau, disana sudah banyak orang (sekitar 10an) memegang kamera juga, namun dari wajahnya terlihat kecewa. Kenapa? ternyata di sebelah timur terlihat sangat berawan tebal atau mungkin juga hujan sehingga sang matahari tidak terlihat terbit.

Tidak lama kemudian teman teman gw pun sampai di lokasi yang sama, well dari pada udah cape cape gowes kemari dan ga ngapa ngapain, Dawet ngajakin ke pulau Tidung kecil nanam tanaman bakau.

Setelah asik nanam tanaman bakau, kita bergegas untuk sarapan dan berangkat untuk snorkling. Nah kita naik kapal tongkang nelayan nih ke lokasi snorkling, namun lokasi dermaganya cukup lumayan dari homestay kita, ya kurang lebih 15 menit jalan kaki.

Okay tujuan pertama adalah Pulau Air dan di sekitar pulau tersebut kita akan makan siang juga. Cuaca sangat cerah terik, wah saat yang asik untuk snorkling. Membutuhkan waktu 20 – 30 menit untuk mencapai pulau Air. Setelah sedikit breifing oleh Dawet batas batas mana aja yang karangnya keren keren langsung lah nyebur.. Well memang terumbu karang pulau ini jika di bandingkan dengan pulau di indonesia timur memang kalah, namun cukup dapat membuat nikmat mata karena tidak perlu jauh jauh dari kota Jakarta untuk menikmatinya.

Tidak terasa kita telah bersnorkling hampir 3 jam, saatnya makan siang. Untuk makan siang kita merapat ke pulau Air, pulau pribadi yang konon kabarnya dimiliki oleh keluarga pemilik perusahaan bumn besar di Indonesia. Memang terlihat rapih dan ada dermaga khusus dan ada helipad, sayang kita hanya bisa melihat dari kejauhan karena tidak berani masuk dalam ke areal pribadi, hanya di tepi pantainya saja.

Setelah makan siang kita lanjut lagi ke pulau Karang Beras, kurang lebih 10 – 15 menit dari pulau Air di sekitar pulau Karang Beras lokasi snorklingnya lebih dalam namun kita bisa melihat ikan lebih banyak disini. Sayang kita tidak terlalu lama disini hanya sekitar 1,5 jam karena tiba tiba cuaca menggelap.

Sebelum jam 6 sore kita sudah kembali di homestay tempat kita menginap, setelah kembali berjibaku rebutan kamar mandi saatnya leyeh leyeh.

Ketika jam menunjuk pada pukul 9 saatnya untuk barbeque, dengan menu ikan (lupa nama ikannya) dan cumi. Lokasi barbeque cukup dibelakang homestay.

Day 03

Saatnya pulang, namun hari ini semua pada telat bangun karena semalam begadang, yang harusnya pulang jam 10 pagi naik speedboat ke marina Ancol, akhirnya harus ikut naik kapal tongkang ke Muara Angke, Kapal berangkat jam 1 dan kita kebagian diluar, semoga tidak hujan, naik kapal tongkang yang berkapasitas 200an orang perjalanan menjadi lebih lama dibanding naik speedboat yakni sekitar 3-4jam. Selama perjalanan cuaca sangat mendung namun untung tidak hujan, sempat melihat kawanan lumba melewati kapal namun batere kamera gw sudah keburu habis. Sekitar jam 5 kita sampai di muara angke, pelabuhan yang sangat tidak nyaman dan kotor ini menyambut kita dengan air pasang yang bau, langsung memesan taksi untuk pulang.

Overall kalau mencari liburan pulau yang murah meriah pulau tidung adalah lokasi yang oke dan recomended, banyak paket paket tour yang tersedia, kita bisa search di google pasti akan muncul, saking banyak kita bisa memilih, bervariasi harga dari 200an hingga 400an tergantung paket di dalamnya.

The End..

One thought on “Quick Getaway: Tidung Part02

  1. pulau tidung banyak sampah, untuk snorkling aku ga bisa menilai karena ga snorkling waktu di Tidung, maklum persiapan seadanya (backpacker mode on)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s