Quick Getaway: Tidung Part01

Kira kira awal juli lalu gw dan beberapa (18 orang… ga beberapa jadinya deh ) setelah mencari informasi, ternyata salah satu teman mengelola tour kecil kecilan ke kepulauan seribu.

Setelah di telpon akhirnya disepakati harga 300rb untuk penginapan ac 3hari 2malam, makan 3x sehari, snorkling, sewa sepedah, barbeque dan transportasi pp dari Marina Ancol. Karena untuk 3 hari kita pilih berangkat Jumat dan pulang Minggu siang.

Wah tumben nih… biasanya berangkat dari Muara Angke, namun diingatkan kita tidak boleh telat dan harus ada di marina 2 jam sebelum keberangkatan.. waks! kaya mau naik pesawat ke luar negeri aja ini?? Akhirnya dijelaskan.. Kapal cepat yang ada di marina ancol hanya berkapasitas 25 orang dan tidak bisa di reserve. Transportasi ini pun digunakan sehari hari oleh warga di kepulaun tempat kapal ini bersinggah, so siapa cepat dapat.

Day 01

Akhirnya karena takut akan tidak kebagian tempat gw dan setengah dari rombongan berinisiatif untuk menunggu di marina dari tengah malam… walaupun kapal berangkat jam 7 pagi.. gw pikir ada tempat tunggu yang proper.. eh taunya nggak ada..

akhirnya nunggu di tengah2 dermaga… suasana bacpackingnya benar2 kerasa.. sempat terlintas..wah ini kalau hujan bisa berabe..

Menunggu menunggu menunggu, tidur bangun ketiduran bangun lagi…… dan akhirnya loket di Buka, okeh soal tiket aman… namun tiba tiba hujan turun dengan sangat deras.. di tambah angin yang sangat kencang… bingung mencari tempat berteduh akhirnya pada ngumpul di depan toilet umum. Namun sepertinya warga yang sudah biasa naik kapal tersebut juga sudah biasa akan cuaca, mereka rata rata sudah sedia payung jadi dengan cuek mereka menunggu untuk masuk ke kapal di tengah tengah hujan.

Karena cuaca tidak mendukung, yang harusnya kapal berangkat jam 7 akhirnya ke delay selama hampir 2 jam. Kita berangkat dari ancol jam 9. Dengan kondisi hujan rintik rintik di ancol ternyata di tengah laut lebih deras, jika hujan dengan angin kencang di darat coba bayangkan gimana di laut…badai cuy! Maka dari itu nahkoda menunggu hingga hujan rintik rintik lalu baru berangkat.

Naik kapalnya pun hampir samaa kaya elo naik wahana kora kora di dufan…huahaha.. naik turun naik turun apalagi kalau menabrak ombak rasanya kaya melayang cuuuy! Setelah berlayar *hayah! sekitar 2 jam. Akhirnya sampai di pulau tidung, kebetulan penginapan hanya 100 meter dari dermaga, setelah sampai penginapan langsung pilih2 kamar dan istirahat nunggu sholat jumat.

Setelah sholat jumat di masjid terdekat makan siang sudang menunggu di meja makan besar di penginapan, makan sambil istirahat hingga jam 3. Diilanjut dengan bersepeda ke jembatan yang menghubungkan antara pulau Tidung Besar (tempat kita menginap) dengan pulau Tidung kecil yang dijadikan tempat konservasi herbal.

Memakan waktu sekitar 10 menit meng-gowes dari penginapan ke jembatan, pemandangannya keren, ga sangka ternyata airnya jernih dan bening, yah kaya kita lihat lihat di photo photo pulau pulau di luar negeri atau di indonesia timur sana.

Sekitar 2 jam kita bermain main di jembatan ini, dari  foto foto, lalu loncat dari jembatan ke laut hingga berburu bulu babi.

Jam 5 lewat sang pemandu/ organizer tour kita yang bernama Dawet (dont know how or where he get his name) mengajak ke jalan lagi ke sebelah barat dari pulau Tidung besar, disana kita bisa melihat sunset. Akhirnya bersepeda lagi, dari ujung Timur ke ujung Barat memakan waktu 20an menit meng-gowes.

Sangat seru melihat aktifitas warga pulau yang kita lewati untuk mencapai sisi barat dari pulau tersebut ada yang baru pulang dari bernelayan, ada juga yang sedang menjahit (kelihatannya begitu) jaring. Dan tidak lupa juga dengan teriakan anak anak kecil karena girang melihat orang asing (kebetulan gw membawa teman kantor yang berwarganegara prancis).

Sesampainya di pantai barat pulau ternyata sunset tidak menampakkan diri karena berawan, setelah istirahat dan berendam sebentar dengan perasaan sedikit kecewa kita kembali ke penginapan untuk rebutan kamar mandi…secara kamar mandi hanya dua dan kita ber 18 dan semuanya ingin cepat cepat mandi. hiahaahaha