Bajaj Pulsar 180cc Generasi ke-4

Bajaj Pulsar 180 UG-IV

p180

Bajaj mengeluarkan produk baru dalam varian motornya yakni Pulsar 180cc, well not exaclty new karena sudah keluar dari tahun 2006an, apa yang baru? nah Awal oktober ini secara resmi Bajaj Pulsar 180cc dengan tampilan baru telah di rilis di indonesia.

Bagaimana bentuknya?
Secara bentuk masih sama seperti Pulsar 180 (p180) yang sebelumnya telah beredar namun di P180 Generasi 4 ini mendapatkan sebuah facelift perubahan yang cukup menyenangkan bagi para konsumen, yang tadinya terlihat agak kurang gagah sekarang P180 sudah mirip dengan Pulsar 200cc (P200).

p180ug402

P180 Generasi 4 ini sudah memakai Tangki beserta Tank Flap seperti P200,

p180ug406

memakai rangka dari P200,

p180ug403

Shock Belakang pakai P200,

p180ug407

Swingarm P200,

p180ug408

Jok yang terpisah P200…

Pada dasarnya Semua yang ada di P200 kecuali mesin ada disini… hehehe

p180ug404

Perubahan yang cukup ekstrim menurut gw ada di Shock depan, P180 memakai Shock dari Pulsar 220cc (P220) yang lebih besar diameter tabung shocknya sehingga terlihat gagah…But yang mengecewakan (bagi gw) adalah stangnya memakai stang Jepit…

p180ug401

ya iyalah kan pakai shocknya P220 jadi semua harus ikut hehehee… cuman stang jepit di motor rear stereo shock tidak masuk di selera gw…

Tidak sekedar Facelift..

p180-

Selain perubahan dalam penampilan, p180 generasi 4 ini juga mengupgrade diri dari segi tenaga yang terdahulunya adalah 16,7hp sekarang sudah 17,7hp beda dikit sama p200 yang bertenaga 18hp (dapat info dari milis, CMIIW ). So buat para speed lover lebih effisien untuk beli P180 ini ketimbang P200 secara bisa hemat 2jtan lebih.

Gw sempat mencoba P180 Generasi 4 ini di sebuah delaer bajaj,
Menurut gw:

Dari tampilan yup P200 banget with Bigger front Fork! Mantabs.. Negatifnya buat gw hanya di Stang Jepit.

Dari Tenaga kalau kita ga sensitif dalam merasakannya sama seperti P200..

Dari Riding stlye, ya kerena memakai stang jepit jadi membungkuk ala pembalap… bagi gw yang suka touring ya jelas tidak suka… hehehe

But in the end overall good job for the facelift…

40 thoughts on “Bajaj Pulsar 180cc Generasi ke-4

  1. Hmm…

    Nambahin sedikit yah Bro :

    di P180 yang baru inih sudah tidak menggunakan kick starter…tapi jangan takut, karena di speedometer nyah sudah ada sensor tegangan accu.

    hmmm…apalagih ya??

  2. salam kenal bro..
    klo yg laen2nya gmn bro?ky lebar pelek & profil ban klo ga slh di P180 lbh kecil dr P200 kan?spatbor kolong jg da ga ada kynya yah? harga otr jd brp?

    1. ban dan velg sudah pakai punya p200 bro jadi ban sudah tubeless, yup spakbor kolong sudah tidak ada. harga tetap sama yaitu 18jt pas

    1. Gw baru mencobanya di plataran parkir Dealer bro.. jadi kalau topspeed masih blum tau..namun power akslerasi menyerupai P200

  3. satu New PIBO UG IV ini sudah markir di rumah ane, dan bahkan udah ane bawa ngantor.
    Selain penjelasan diatas, apalagi ya,,
    # pokoke tampak luar, selain knalpot, stang jepit, serta shock breaker depan, sama persis dengan PZOO
    # masalah stang jepit, dari yang gw coba, memang cukup menunduk (dengan tinggi badan gw 170cm), tapi ketika gw ingin berkendara santai, gw tinggal merapat ke tangki, jadi (posisi) santai, ketika pengen balap/ngebut dikit, tinggal mentokin ke jok belakang, tapi mantabkoq, jadi konsentrasi ketika berkendara (lebih) cepat jadi full konsentrasi.
    # beratnya jadi 150kg, tapi ketika gw bawa, enak2 aja bro, klo udah jalan mah stabil, ringan, dan lincah menurut gw (misal ketika ada lobang di jalan), Tikungan juga jadi lebih mantap.
    # koplingnya bro, ringan abis, bukan kaya UG III, motor dalam keadaan diam juga ringan banget (gw bandingin ama vixy sekalipun), apalagi klo lagi jalan.

    -nubi-
    redburaq

  4. Hmm..

    Mas Bro haryo, boleh nanya sedikitkah???

    Saat Mas Bro Haryo test ride P180 UG4, Handling P180 UG4 inih lebih OK ga dengan fork yg lebih besar???….

    Karena beberapa rider Pulsar (P180/P200) sedikit banyak mengkomplain stang yang goyang2 pada saat nikung

    *kalo menurut hemat sayah mungkin karena faktor fork depan yg terlalu lembut…so’ sangat sensitif dengan tekanan angin ban depan, salah satu trik untuk mengatasinyah adalah dengan “me-maintain” tekanan ban depan atau menambah volume oli.

    Ehm…back to topik…Nah dengan penggantian fork depan yg lebih besar (menggunakan P220 punya) apakah hal tsb diatas bisa diatasi?? bagaimana review mas Bro Haryo??

    1. kebetulan gw mencoba hanya di pelataran parkir dealer bro, ga boleh di bawa keluar. so untuk nikung menikung blum bisa kasih komen..🙂
      mungkin bro mhritonga dapat me review..🙂

  5. @Densur
    Menurut gw OK banget bro, dan kayanya untuk touring juga, tuh motor kaga takut gw, blm nyoba seh..
    Handling nya mantap abis. tapi emg sudut beloknya jadi “agak” terbatas, karena stang jepit, dibanding ama bebek jauh lebih banyak klo bebek.
    Soalnya tadi pagi ane nyoba bonceng, kagak kagok tangan gw, padahal itu bonceng cewe’ loh, biasanya kan cewe itu kaku klo dibonceng, kecuali klo udah cewe kita, malah nempel so, jadi maknyus,, halah koq malah OOT,, he3
    Ane saranin, bro coba dulu, bisa di dealer, atau klo bro tidak jauh dari daerah ragunan, bisa nyoba pake punya saya (kantor di daerah ragunan soalnya).
    TOp speed blm bos, kan baru dikit KM-nya, blm berani nge-bejeknya, biarpun dikasih tau dari dealer, langsung bejek aja, soalnya motor sekarang gak perlu direyen lagi kaya motor dl,, tapi tetap aja blm berani.
    sing sabar kata wong jawa, hahaha.

    -nubi-
    redburaq

  6. buat om2 sekalian…
    saya mau tanya klo di p200 kan klo dicuci kan kepalanya gk blh disemprot dr bawah krn tkt LED nya mati…
    klo d p180 yg baru gmn?
    apa sm kyk p200?

  7. Thanks Bro Mhrintonga atas penjelasannyah..

    Kebetulan sayah stiap hari liwat Ragunan..:D..(kayanyah kapan2 bisa ketmuan neh)

    Rumah sayah di ciGanjur Bro…kantor di majapahit, makanyah wajib liwat situh kalo mo pulang..

    Dan kebetulan lagih sayah pengguna P200, jadi bisa sekalian tuker test ride yah ga Bro??
    (permisi Bro Haryo blognyah jadi ajang Kopdar)

    IMHO : mengenai radius belok stang yg sedikit = gara2 ada tankflap nyah Bro…kalo terlalu lebar, malah fork depannyah mentok ke tankflap.

    PS: selamat atas Motor Barunyah Bro!!..

  8. @Densur
    Ok bro,, bisa pas lagi maen di daerah Ragunan.
    Tapi klo ane agak luangnya (jam bebas dari kantor) itu cuma jumpat pagi ampe siang, klo hari2 biasa (sok) sibuk bro, he2..
    klo sabtu minggu di rumah, rumah kontrakan sementara di daerah Lebak bulus.

    @Bro Haryo,,
    misi numpang juga, hahaha..

  9. bro Haryo… kalo P180 di-Upgrade ke body P200, so gimana nasib P200???, …kmaren denger2 dari sales Fontana P200 mo diupgrade ke body P220??? … bener ga bro ???

  10. hmmm tenaga P180 UG3 adalah 16.5 hp -> P180 UG4 menjadi 17.02 hp, masih dibawah Apache RTR 180 Mennace yg mencapai 17.3 hp…

    But meski powernya naek tapi torsinya malah turun… dari 15 ke 14 … selengkapnya udah aq bahas di-blog-ku waktu membahas apache RTR 180 vs Pulsar 180 UG4….

  11. buat bro mhritonga klo servis suka d mna y??trus bliny d daerah lebak bulus jg??mesti inden dulu ga ni motor?
    ane jg mo bli ni pulsar nh..tp agak ragu soalny ga da kick starterny..tkutny klo lg rusak yg otomatisny..alhasil dorong dong..-_-..jd gmna mnurut bro mhritonga dan bro haryo ato bro lain yg dh prnh make ni pulsar??

  12. mhritonga = naMorai😀
    (gonta ganti mulu, biar keren halah).

    Klo servis di pondok labu, karena ane ngambil motornya disitu, paling deket ke kantor (ada juga seh yg di TB Simatupang), montirnya terkenal “bagus” pak Ali.

    Beli di Pondok Labu.

    kagak inden, emg-nya dealer sebelah😀
    Bro urus hari itu dan beres, mudah2an sorenya sudah diantar ke rumah.

    Gak ada kick starter? tenang aja bor, udah terbukti pada pulsar 200, bahwa starternya “awet”, lagian kan ada indikator aki-nya. trus klo seburuk2nya ngadat (harus didorong), ada beberapa triknya bor,
    – masukin gigi 2, lepas kopling, dorong ke belakang ampe batuk 2 atau 3 kali, abis itu pegang kopling, lalu dorong ke depan, pelan2 lepas kopling, brum brum mudah2an😀
    – opsi satu, tapi kondisi di standat tengah, mudah2an brum brum laig tuh motor.

    CMIIW

  13. rian

    agan-agan yg baik….dari tadi ngebahas kelebihan 180UG4…kekurangannya doong…untuk bahan pertimbangan..rencana mau beli fulsar 180ccUG4 tsb..trims ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s