Waykambas – Mei 2008

Hello!!!

Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya, laporannya menyusul ya.. hehehe

Jadi untuk sementara gw nulis pengalaman pada tahun lalu ketika gw ke Waykambas Lampung dengan Yufi. So here it is:

Hari 1 ( Jumat  16 Mei 2008 – Sabtu 17 Mei 2008 )

Setelah merencanakan dan mengumpulkan uang  dalam lebih dari 3 minggu untuk perjalanan/ petualangan ini akhirnya gw dan yufi berangkat juga ke Lampung dengan tujuan utama Way Kambas.. Yess!! Tempat dimana Gajah-gajah liar yang dikonsevarsikan dan di pelihara itu berada.

Bagi gw perjalanan ke daratan paling selatan dari pulau sumatera ini adalah yang ke dua kalinya. Tahun lalu gw udah kesana dengan nouvo gw maka kali ini saatnya si pulsar untuk menjajal daratan lampung! Bagi Yufi perjalanan ini akan menjadi perjalanan dia yang terjauh dengan mengendarai motor. Kebetulan motor gw & yufi sama-sama Bajaj Pulsar 180cc, jadi tidak akan ada perbedaan dalam tenaga mesin motor.

23.00 Setelah segala kegiatan rutinitas pada hari ini sudah dilaksanakan dan setelah semua keperluan untuk perjalanan sudah di siapkan kita berdua telah janjian di Mega Kuningan tempat biasa gw nongkrong.

Pukul 24.00 berangkat lah kita dengan rute Jakarta – Tanggerang – Balaraja – Serang – Cilegon – Merak.

Perjalanan Jakarta – Tanggerang sama sekali tidak menemukan masalah, setelah melewati Tanggerang masalah teknis mendera kita dengan tidak berfungsinya alat komunikas kita ( RaKom/ HT ) dimana Yufi hanya bisa mendengar suara gw sedangkan gw tidak bisa mendengar suara dari Yufi dan keadaan ini berlangsung hingga sampai Merak…. Damn!! Ga enak banget ga bisa ngobrol selama di perjalanan.

Jalur Balaraja – Serang banyak jalan yang rusak sehingga memerlukan usaha yang ekstra dalam melalui jalur tersebut. Banyak yang bilang jalur ini termasuk jalur rawan adanya perompakan…namun kesan itu tidak terlihat dan perjalanan berlangsung lancar walaupun harus menghindar lobang lobang jalan.

Serang – Cilegon – Merak dilalui dengan lancar dan jalan yang mulus, kita memasuki merak tepat pada pukul 02.40, Its Tea Time!!! Itu yang ada di pikiran gw! Maka berhentilah dan beristirahat sejenak di Restoran Simpang Raya sembari meminum Hot Tea.

tea_time

03.30 Setelah memasuki pelabuhan penyeberangan merak dengan membayar Rp 29.000,- / orang, langsung lah kita mengantri kedalam ferry, kerena pada jam segini jumlah orang, kendaraan yang menyebrang tidak banyak maka kita dengan mudah dapat memasuki ferry tanpa proses antri yang panjang.

04.00 saatnya ferry meninggalkan dermaga dan siap berlayar menyebrang selat sunda. Ferry yang kita tumpangi adalah salah satu ferry yang kecil, namun karena kecil yang menurut gw menjadi lebih nyaman, dipilih lah tempat duduk kelas eksekutif, dengan menambah Rp 10.000,- /orang maka beristirahat lah kita di kelas eksekutif yang disuguhi dengan hiburan dari TV Indovision yang pada akhirnya tidak gw tonton karena gw langsung terlelap dalam tidur.

ST832804

06.40 Gw terbagun dan sempat kage setelah gw keluar ke geladak kapal, Kok Basah gini??  Gw diceritakan yufi ternyata pada saat gw terlelap tidur ferry yang gw tumpangi ini sempat melalui hujan badai selama 2jam selama perjalanan!! Si yufi sempat khawatir terjadi apa-apa pada saat badai menerjang ferry, well badai pasti berlalu seperti lagunya chrisye hanya menyisakan lautan lampung yang tenang.

07.14 Merapat ke dermaga pelabuhan bakauheni lampung, sebenarnya pada pukul 06.30 kita seharusnya sudah bisa merapat, namun dikarenakan oleh adanya aktivitas bongkart muat yang dilakukan di dermaga pelabuhan bakauheni maka ferry kita harus mengantri. It takes almost 1 Hour… damn!!

07.30 Dilanjutkan lah perjalanan kita!! Dan akhirnya kali ini masalah teknis yang terjadi semalam tidak terjadi sehingga kita dapat saling berkomunikasi dengan selama perjalanan. Perjalanan dari pelabuhan Bakauheni kekota Bandar lampung dilalui dengan lancar dimana jalur tersebut telah diperbaiki ( tahun lalu gw ksana banyank jalan yang rusak dan tidak rata ). Kesulitan kecil tidak berarti yang kita dapati hanya dalam meyalip rombongan truk dan bis yang cukup panjang.

ST832851

08.42 Hampir memasuki kota Bandar lampung, tepatnya di daerah pasir putih ktia sempat berhenti untuk menikmati pemandangan.

09.10 Tiba dikota Bandar Lampung dan langsung mencari Hotel, di Hotel Hanum lah tempat dimana kita merapat, hotel yang letaknya di jalan raden intan, salah satu jalan protokol kota Bandar lampung dan tepat berada di tengah kota Bandar Lampunung, tahun lalu gw menginap dsana dan gw cukup puas dengan menginap dsana karena letak parkiran motornya paling aman dan tertutup dibanding dengan hotel lain sekelas yang  berada di jalan raden intan.

ST832873

Gw nginep di Hotel yang sama, Kamar yang sama hingga di tas gw dibawakan oleh roomboy yang sama dengan tahun lalu gw kesini…hehehe
Bedanya tahun lalu gw berlima ke sini sekarang hanya ber dua dan kamar hotel terlihat besar banget utk hanya dua orang…

Pada tanggal 17-18 mei kebetulan di kota ini sedang ada event Honda Cup Race, dan kebetulan juga beberapa tim yang mengikuti kompetisi balapan motor tersebut menginap di hotel ini.

21.00 Setelah makan malam kita melanjuti city tour dalam malam hari. Menurut gw kota Bandar lampung termasuk kota yang rapih dan bersih tidak ribet. Jadi overall lumayan lah buat tempat tinggal. Namun gw agak kecewa dari sisi lifestyle di kota ini…tempat2 hang-outnya ga asik…hehehe

Hari 2 ( Minggu 18 Mei 2008 )

08.00 Saatnya kita ke Way Kambas!!! Didahului dengan sarapan dulu maka kita berangkat lah kita ke Way Kambas dengan jalur Bandar Lampung – Metro – Pekalongan – Sukadana – Taman Nasional Way Kambas.

Perjalanan ke kota Metro harus melalui jalur Trans-Sumatera sebelum belok kearah timur pada kilometer 27.  Jalur ini juga banyak di dominasi oleh lubang kecil namun tidak sampai membuat kita tidak nyaman.

09.00 Memasuki kota Metro, selepas dari jalur Trans-Sumatera jalur menuju kota Metro sangat Mulus dan bersahabat dengan melalui padang sawah ditambah dengan hari yang sangat cerah membuat kita bersemangat!!

Oh ya btw gw belum menceritakan bahwa pada saat kita menapaki kota Bandar lampung telah terjadi kelangkaan dalam pengadaan BBM yang berkibatkan dengan terjadi antrian hingga sepanjang 2km, kejadian tersebut juga terjadi di kota Metro ini antrian BBM pada pom bensin ini sempat memperlambat perjalanan kita di dalam kota Metro. Selepas kota metro perjalanan kembali lancar.

11.00 Taman Nasional Way Kambas!! Akhirnya sampai juga di tujuan utama kita ke Lampung…

14.00 Saatnya berpisah dengan Gajah-gajah Way Kambas… setelah kita puas melihat, memegang Gajah. Dilanjut dengan makan siang indomie rebus…kok makan siangnya indomie?? Yah adanya cuma itu ditambah dengan  bakso kuah! Yang penting mengisi perut utk sementara sebelum kita pulang ke Bandar Lampung. Tidak lupa untuk beli souvenir T-shirt way kambas berangkat lah kita meninggalkan Way Kambas melewati jalur yang sama pada saat kita berangkat.

16.10 Tiba kembali di Bandar Lampung, dikarenakan sudah hapal dengan jalur sebelumnya ditambah dengan lancarnya lalu lintas pada jalur yang  kita lewati, kita bisa sampai ke kota Bandar Lampung lebih cepat dari rencana. Hal yang langsung kita lakukan adalah Makan!!

Hari 3 ( Senin 19 Mei 2008 )

10.00 Saatnya Check Out dari hotel dan meninggalkan kota Bandar Lampung, sebelum kita meninggalkan kota ini yufi ingin mengganti oli mesin pulsarnya dan memang kebetulannya sudah memasuki kilometer yang diharuskan untuk mengganti Oli mesin. Mampir lah kita ke dealer Bajaj yang ternyata hanya terletak 400 meter dari hotel kita. Karena kebetulan yufi membawa oli sendiri dia tidak tebebebani biaya oleh service yang dilakukan mekanik dealer bajaj tersebut, selain di isi oli motor yufi juga diperiksa ringan.

ST832902

11.50 Meniggalkan kota Bandar Lampung, setelah sebelumnya kita mengantri dulu untuk mengisi bensin, langsung tancap gas menuju pelabuhan bakauheni.

ST832906

13.38 Makan siang di Kalianda, perut terasa lapar pada saat kita meninggalkan kota Bandar Lampung, namun kita menahannya, Pada saat melewati kota Kalianda kelaparan kita sudah tidak bisa tertahan! Maka mampirlah kita di restauran Siang Malam.

14.22 Tiba di Pelabuhan Bakauheni,dan siap untuk masuk ke ferry.

15.00 Ferry lepas dari dermaga dan berlayar menuju pelabuhan Merak. Kali ini kita menumpang pada ferry yang 3x lebih besar dari ferry yang  kita tumpangi pada saat berangkat dari Merak. Bagi gw sangat tidak nyaman dif erry ini selain terlalu ramai dan sesak disini tidak adanya kelas Eksekutif yang terttinggi hanya kelas Bisnis, terpaksa lah kita mengambil tempat duduk di kelas Bisinis, well ada harga ada rupa… dengan hanya membayar Rp 4.000,- kita tidak bisa berharap dapat istirahat puas seperti di kelas Eksekutif.

18.10 Merapat di dermaga dan meninggalkan Merak. Perjalanan dari merak ke Tanggerang melalui jalur yang sama dengan kita berangkat kmrin dilalui dengan sangat tidak nyaman, dikarenakan oleh padatnya lalu lintas pada jalur Merak – Cilegon – Serang – Balaraja ditambah dengan adanya beberapa pasar kaget di jalur tersebut dan juga lobang-lobang yang sangat memperlambat perjalanan pulang.

20.40 Tiba di Kalideres-Daan Mogot, akhirnya gw bisa lega melihat jalur busway…hehehe baru kali ini gw senang melihat jalur busway. Tiba juga di Jakarta!!! Yess!!

Beberapa Foto:

4 thoughts on “Waykambas – Mei 2008

1. Mantap nih Bro Haryo,
    Kalau foto dengan gajah lebih deket lagi marah apa nggak ya dianya? he he he apa nggak takut dikejar tuh .. kan udah dielus-elus .. dikira ngajak pulang ke jakarta …
    Thanks ya …

1. Hiahahaha…. Gak marah kok om… karena yang mereka sudah jinak, yang liar berada jauh di dalam Hutan, kita masih di pinggir2 saja..🙂