Membuat Kemeja Pesta Blogger 2009…

468x60h - letterhead

Pesta Blogger…

Yah bagi para blogger pasti mengetahui event tahunan ini, event dimana berkumpulnya para blogger dari segala jenis tipe blog berkumpul menjadi satu untuk merayakan kebebasan dalam mengutarakan pendapat dan opini.

125x125 - im going to

Telah diketahui Pesta Blogger tahun ini akan diadakan pada bulan oktober.. dimana? kayanya masih rahasia, kayanya bakal diadakan ditempat yang keren.

Gw mau sekedar sharing bahwa kebetulan gw mendapat kerjaan dari penyelenggara Pesta Blogger 2009 to be exact keluarga gw mendapat kerjaan dari mereka.

Berawal dari hobi nyokap gw dalam memperdalam pengetahuan mengenai salah satu warisan budaya indonesia yakni Batik. Ya nyokap gw sedang mendalami pengetahuannya mengenai batik dikarenakan oleh minat beliau yang cukup tinggi mengenai kesenian dan kebudayaan, sehingga untuk mengisi waktu beliau belajar mbatik.

bunda

Lambat laun beliau juga berkeinginan untuk saling sharing mengenai batik sehingga dibuatlah sebuah kegiatan rutin membatik setiap 1- 2 bulan sekali di berbagai tempat (saat ini sedang bekerja sama dengan museum bank mandiri) yang diikuti oleh berbagai jenis kalangan yang berbeda, dari anak SD sampai petinggi UNESCO. untuk info jelas bisa mampir ke: http://mbatikyuuuk.com

Apakah kerjaan yang kita dapat??? Pada akhir Juni kemarin Nyokap gw mendapat tantangan untu membuatkan seragam kemeja batik tulis untuk acara Konferensi PERS Pesta Blogger 2009 pada tanggal 13 Juli 2009 yang berisi logo Pesta Blogger 2009 sebanyak 3 buah kemeja, memang terlihat logo tersebut jika di potong menjadi fragmen terlihat seperti batik. Kami sempat panik dikarenakan proses membatik tulis biasanya dilakukan dalam waktu 2 Minggu namun kali ini waktu yang ada hanya 5 hari.

Ya namanya juga tantangan kalo ga mepet ya ga menantang hehehe…

Proses yang dilakukan pertama tama adalah membuat beberapa alternatif desain motif, yang gw lakukan secara digital di komputer dalam kisaran waktu 3 jam. Lalu langsung gw ajukan ke klien, syukur pilihan desain di aproove dengan cepat tanpa ada revisi.

desain

Timbul sebuah masalah kecil dimana salah satu kemeja akan digunakan oleh Bapak Duta Besar Amerika Serikat… nah beliau katanya berbadan besar. Karena waktu mepet dan tidak ada waktu untuk mengukur atau pun meminjam kemeja yang beliau pakai jadi kita hanya mengira ngira dari foto yang diberikan kepada kita.

Proses kedua adalah pembuatan pola disini gw dibantu oleh adik gw untuk membuat pola kemeja.

1

Desain yang dipilih klien

2

3

4

Proses ketiga adalah mencanting bahan kemeja tersebut, proses ini adalah proses paling lama dimana kita harus menggambar dengan tangan ke kain kemeja sehingga bisa memakan waktu 3 hari (1 kemeja 1 hari).

IMG-0344NYANTING

IMG-0346
Proses ke-empat adalah pewarnaan mencari warna merah maroon seperti yang ada di logo Pesta Blogger ternyata cukup sulit namun akhirnya kita mendapatkan warna yang cukup mendekati.

1b

1a

2

3

4
Pada hari ke 4 langsung masuk ke proses kelima yakni penjahitan dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) akhirnya kemeja dapat diselesaikan.

Dan inilah penampakan Kemeja tersebut:

GALERRY-17

courtesy of www.pestablogger.com

GALERRY-25

courtesy of www.pestablogger.com

GALERRY-54

courtesy of www.pestablogger.com

GALERRY16

courtesy of www.pestablogger.com

8 thoughts on “Membuat Kemeja Pesta Blogger 2009…

  1. Ooo yang nyelup-nyelup kain ke bak itu kamu to bro? Sarung tangan keren tuh! Ada protektornya gak? Mereknya Puma juga ya? Huahahahaha……
    BTW, salut dan salam untuk ibunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s