Touring Kemerdekaan…

TourdLinggarjati_Siluet

Merdeka!!! hehehe hari ini hari Kemerdekaan Negeri tercinta Kita so selamat ya selamat…

Kemari tanggal 15-16 rekan rekan dari REDZONE melakukan Touring Kemerdekaan yang telah menjadi rutinitas kegiatan tiap tahun. Tahun ini mereka touring ke Bandung mengunjungi Museum Asia Afrika dan sekaligus menghadiri acara ulang tahun salah satu Klub motor yang sangat eksis di Bandung.

Sudah tidak terasa sekarang sudah berada pada bulan agustus… masih teringat pada bulan yang sama namun pada tahun lalu (2008) di tanggal yang sama (17) gw dan rekan rekan REDZONE melakukan touring ke Museum Linggarjati.

Ya kami di REDZONE sepakat untuk memperingati HUT RI dengan menyambangi Museum Linggarjati di daerah Kuningan Jawa Barat.

Linggarjati kadang-kadang dieja Linggajati adalah sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Ciremai, antara kota Cirebon dan Kuningan. Di tempat ini dilangsungkan Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946. Tempat diselenggarakannya Perundingan Linggarjati kini dilestarikan sebagai Museum Linggarjati.

Perundingan Linggarjati atau kadang juga disebut Perundingan Linggajati adalah suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua negara pada 25 Maret 1947.

Dan perundingan tersebut adalah salah satu bukti perjuangan pendahulu kita dalam mempertahankan Kemerdekaan RI.

Dalam Touring Kemerdekaan kemarin dinamakan Tour De Lingeri, rombongan terdiri dari 7 orang. Yakni Gw, Idhoy, Edmon, Arthur, Febi, Hari dan Hadi… Wah ingatan gw bagus juga..hehehe

Kami berangkat pada Sabtu tgl 16 tepat pukul 0:00. Titik kumpul kita di Suncity Bekasi tempat kopdar teman teman Pulsarian Kaliber. Sempat sowan dan ramah tamah sebentar dengan mereka lalu kita berangkat.

Perjalanan dari Bekasi ke restpoint pertama kita di Cikampek berjalan sangat mulus dan tanpa halangan. Kita sampai di rest point sekitar jam 2 pagi. Rombongan break sejenak dengan menyantap kopi dan makanan kecil selama 15 menit.

Naaah setelah kita siap siap mau melanjutkan perjalanan disinilah timbulnya permasalahan. Motor si Idhoy sama sekali tidak mau nyala, distarter tidak mau dicoba di dorong juga tidak menyala. Kita coba bongkar untuk mengetahu asal muasal masalah dari akti sampai koil kita bongkar tidak kita temukan masalah.

Akhirnya rombongan mengambil keputusan untuk menunggu sampai pagi supaya motor Idhoy di servis di bengkel Ahass terdekat. Motor akhirnya kita derek sambil mencari bengkel resmi Ahass, dan syukur di cikampek ada bengkel yang besar yang tidak jauh dari lokasi motor mogok dan lebih melegakan di sebelah bengkel tersebut ada masjid yang cukup besar juga sehingga rombongan dapat setidaknya menumpang istirahat sampai pagi nanti.

100_0569

*istirahat di masjid sebelah Ahass Cikampek

Ketika sabtu pagi menyambut Idhoy langsung membawa motornya ke bengkel tersebut untuk diservis, karena waktu yang cukup panjang untuk menservis motor Idhoy akhirnya sebagian rombongan (group 1); Edmond, Arthur, Hari dan Hadi melanjutkan perjalanan duluan supaya tidak membuang waktu dengan menunggu. Langsung lah mereka berangkat pada jam 9 pagi. Gw, Idhoy dan Febri (group 2)menunggu motor diservis dan selesai pada jam 10.30 langsung lah kita tancap gas dengan tujuan Linggarjati.

100_0592_resize
Dengan jalur Cikampek – Subang – Buah dua – Cikamurang – Kadipaten – Cawaringin – Raja Galuh – Sumber – Linggarjati kita lewati nyaris tanpa halangan hanya di daerah Buah dua jalurnya sedang dalam perbaikan sepanjang 10km sehingga sedikit menghambat. Setelah melewati daerah tersebut langsung tancap gas.

100_0594_resize
Di daerah cikamurang group 2 sempat berhenti untuk berfoto foto sejenak… group 2 mendapat julukan group narsis secara semua anggota membawa kamera sedangkan group 1 tidak ada satupun anggota yang membawa kamera hehehehe..

100_0572

100_0574

Perjalanan kita lanjut ke arah Kadipaten perjalanan kali ini pun rombongan di temani oleh matahari yang sepanjang hari bersinar cantik dan terik. Antara Cawaringin dan Raja Galuh group 2 berhenti sejenak untuk mengisi perut kita bar sadar kalau kita blum makan siang padahal waktu sudah menunjukkan pukul 15.00. Pada saat kita makan terdengar kabar kalau group 1 juga sedang istirahat maka sian namun posisi mereka sudah di Sumber tidak jauh dari Linggarjati.

100_0642

100_0638
Pada Pukul 16.30 group 2 telah sampai di Museum Linggarjati yang 30 menit sebelumnya group 1 juga telah sampai. Langsung lah Peserta berfoto foto ria dan melihat apa yang terdapat di dalam museum tersebut.

100_0645

Setelah magribh peserta yang kembali menjadi 1 group langsung mengarah ke kota Kuningan yang hanya memakan waktu 20 menit dari Linggarjati.

100_0664

Di Kuningan telah disediakan hotel dengan 2 kamar gratis courtesy of Bro Ferry yang ga bisa ikut touring karena ada urusan keluarga. Dikarenakan memerlukan 1 kamar lagi rombongan patungan hanya untuk membayar 1 kamar. Bagi gw ini adalah touring termurah hanya keluar uang untuk bensin dan patungan kecil (ga sampai 20rb) untuk sebuah kamar, makan pun gw ga bayar karena si Edmond mentraktir gw…( gw lupa alasannya apa).

Namun untuk Idhoy ini merupakan touring termahal karena dia harus mengganti spare part (gw lupa apa kiprok atau apa gitu) sebesar 600rb hiahaha…

2 thoughts on “Touring Kemerdekaan…

1. har, gue ada rencana ke sana, solo touring aje sih, sekedar refresh. Mudah-mudahan akhir tahun bisa terlaksana. Tapi tuh jalur gue coba cari di map google kok gak nyambung ye? Gue gak nemu tuh Cikamurang, Bisa kirim via email jalur detailnya? Rencananya sih gue liwat pantura. thanks bro…