Meeting Friends That I Havent Yet Met – Nusantaride National Dieng Rally 2012

Kami tiba tepat jam 12 di Camp Site NNDR2012, langsung disambut dengan hangat oleh teman teman yang sebelumnya sudah sampai terlebih dahulu, terlihat sudah mulai berdirinya tenda Pleton yang akan dipakai sebagai tempat tidur massal dan tempat presentasi sharing para pembicara, juga tenda tenda perorangan sudah banyak berdiri.

Setelah menyapa dan berbicara sebentar dengan teman teman gw melanjutkan mendirikan tenda mumpung hari masih siang dan cuaca cerah.

Lokasi camp site persis di tepi Telaga Cebong, telaga ini masuk di wilayah desa Sembungan, kecamatan Kejajar kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan yang berada di elevasi diatas 2100 meter merupakan desa tertinggi di pulau jawa penduduk desa ini mayoritas merupakan petani kentang dan sayur, mereka sangat bergantung pada telaga ini, terutama di musim kemarau pada bulan Juli, Agustus dan September.

Air telaga disedot dengan puluhan mesin penyedot dialirkan melalui pipa paralon dengan panjang hingga 1 km. Berpuluh puluh pipa paralon disambung untuk menghidupi tanaman sayuran mereka yang pada musim kemarau kesulitan air.

Desa Sembungan merupakan produksi carica no wahid, karena tanah di Desa Sembungan sangat subur juga berada diatas ketinggian, yang membuat carica berkembang biak dengan baik. Selain carica desa ini juga adalah tempat penghasil Purwaceng terbaik di pulau Jawa.

Lokasi ini juga terkenal sebagai tempat para wisatawan yang ingin menikmati proses matahari terbit, kita bisa menyaksikan matahari terbit dari atas bukit sikunir yang berada tepat di samping timur telaga Cebong.

Setelah tenda berdiri gw melanjutkan beramah tamah dengan para peserta yang sudah hadir di ajang pertemuan para penghobi dan penggiat wisata bersepeda motor kami bisa secara langsung saling bertukar pikiran.

Tidak terasa hari pun menjelang sore, dan peserta mulai berdatangan namun sangat disayangkan pada saat yang bersamaan kabut pun ikut turun disertakan dengan hujan dengan intensitas sedang, melihat dari tipe hujan seperti ini pasti akan lama.

Oh ya lupa gw ceritakan kalau acara ini selain sebagai pertemuan akbar para penggiat wisata motor di Indonesia , juga sebagai ajang penggalangan dana untuk pembuatan fasilitas MCK yang nantinya pasti berguna untuk para pengunjung yang ingin menikmati obyek obyek wisata di sekitar Telaga Cebong, jadi pemasukan yang di dapat dari penyelenggaraan acara ini termasuk dari sponsor, tiket masuk ke lokasi acara, hingga penjualan merchandise akan disumbangkan untuk pembangunan MCK. Hal tersebut di sambut baik oleh para warga desa, terlihat banyak warga yang bahu membahu membantu mensterilkan lokasi acara hingga membantu mendirikan tenda pleton.

Sangat di sayangkan acara pertama sesuai rundown menjadi molor karena hujan yang terus menerus tidak mereda hingga jam 7 malam. Akhirnya acara pun dimulai yang tadinya dilakukan di tengah lapangan akhirnya bergeser ke dalam tenda karena rintik hujan tetap turun. Acara dibuka oleh Pak Ija yang menjabat sebagai ketua penyelenggara NNDR2012 lalu di lanjutkan dengan sesi sharing yang pertama dari pak Farid Gaban seorang wartawan dan penulis buku yang  bersama pak Ahmad Yunus melakukan perjalanan keliling nusantara untuk mendokumentasikan kekayaan alam Indonesia dengan moda transportasi motor, perjalanan ini terkenal dengan nama Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa, ia bercerita proses dan asal mula kenapa ia melakukan perjalanan ini hingga output yang ia raih setelah melakukan perjalanan ini, sesi sharing ini berlangsung cukup hangat, banyak pertanyaan dilontarkan yang akhirnya mendapatkan penjelasan yang sangat jelas dari pak Farid Gaban.

Sesi selanjutnya adalah sharing dari Maman Firmansyah atau lebih dikenal dengan Hedonesia, ride report Maman merupakan ride report dengan hits tertinggi di website nusantaride.com Ia diminta untuk sharing karena ride reportnya belum selesai, hehehe.. namun selain itu Ia menceritakan pandangan dia mengenai menjadi seorang biker, asal mulanya dia tertarik dan penasaran dengan perumpamaan jika biker belum ke 0 Kilometer Sabang belum bisa dibilang sebagai biker sejati, mengapa 0 Km Sabang itu ibaratnya sebagai Mekkah? Semua pandangan dia pun di ceritakan untuk kami ala Stand Up Comedy.

Setelah Maman selesai sharing acara selanjutnya adalah sebuah pagelaran seni tari asli desa Sembungan yang juga di barengi oleh penyulutan api unggun di tengah tengah lapangan, namun kembali sayang karena cuaca hujan sehingga setelah acara sharing banyak yang kembali ke tenda masing masing dan malahan ada juga sangat disayangkan sekelompok peserta yang memutuskan untuk mencari penginapan diluar desa Sembungan karena mereka berpikir dengan membayar uang pendaftaran maka mereka akan mendapatkan alas tidur tidak berupa rumput. Mereka lupa jika sebagian besar biaya pendaftaran adalah untuk donasi penggalangan dana pembuatan MCK, dan mereka lupa melihat keterangan acara yang jauh jauh hari sudah di publish jika acara ini adalah acara camping.

Walaupun banyak yang kembali ke tenda dan pergi mencari penginapan, api unggun tetap ramai di kelilingi oleh teman teman yang antusias untuk saling kenal.

Akhirnya karena gw sudah tidak kuat menahan kantuk, gw pun kembali ke tenda setelah menikmati hangatnya api unggun bersama teman teman. Semoga Besok gw pagi bisa bangun melihat sunrise, dan juga menikmati acara lainnya di NNDR2012.

About these ads
Categories: Cool Activity, Cool Place, Just Want To Share It, Some Riding Report | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Meeting Friends That I Havent Yet Met – Nusantaride National Dieng Rally 2012

  1. like this ride report :)

  2. RR yang mantap surantap :D

  3. kereeenn… ;)

  4. gogor.setan@gmail.com

    mantab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: