Road To NNDR 2012 – Meeting Friends That I Havent Yet Met. Day-02

Jam 5 pagi alarm berbunyi, langsung beranjak ke kamar mandi dan mempersiapkan diri untuk perjalanan di hari kedua ke NNDR2012 setelah packing kami langsung berangkat ke arah kota Kajen yang terletak di sebelah selatan dari kota Pekalongan, GPS langsung gw setting waypoint koordinat desa Batur lalu Dieng dengan asumsi melewati kota Kajen.

Namun sebelum jauh berjalan kami menyempatkan diri untuk mampir ke Alfamart untuk mengisi perut sedikit dengan roti. Sambil sarapan gw pun mengontak ke mas Bayu apakah dia sudah berangkat atau belum? Ketika gw telpon dia pun sedang siap siap dan menginap satu hotel dengan Rangga dia akan riding bareng Rangga dan mempersilahkan gw jalan duluan jika mau, akhirnya gw mengiyakan dan melanjutkan perjalanan sendiri.

Setelah perut terisi kamipun melanjutkan perjalanan, mengikuti petunjuk yang di berikan oleh GPS, namun ada suatu kejanggalan bahwa GPS menginstruksikan untuk keluar dari jalur utama dan masuk ke jalur desa, kecurigaan sempat muncul bahwa GPS memberi saran rute terpendek menuju desa Batur, gw pun mengikuti petunjuk tersebut.

Akhirnya kita telusuri terus jalan pedesaan yang sepi dan tentram dengan pemandangan sawah di kiri kanan jalan pada suatu ketika GPS memberi petunjuk untuk  menelusuri pingir sungai namun di pinggir sungai tersebut tidak ada jalan, jalan tersebut berada di sisi sebarang sungai, pikir dalam hati oh ow gw di bikin nyasar nih ama si GPS, “ well no pain no gain “ “there will be no story if I go back “ akhirnya gw menemukan jembatan untuk menyebrag ke sisi seberang. Jembatan gantung yang mengingatkan gw akan jembatan gantung di Sawarna, namun yang ini jauh lebih kokoh dan sudah beraspal.

Setelah menyebrang gw kembali mengikuti petunjuk GPS dan gw menyadari bahwa gw dipastikan tidak akan melewati kota Kajen, karena kalau melihat arah yang gw tuju gw mengarah ke tenggara bukan ke arah selatan.

Beruntung pemadangan yang di berikan kepada kami menyejukkan, sawah di kiri jalan dan perkebunan di kanan jalan sekitar satu jam perjalanan kita sampai ke daerah Wates GPS pun memaksa kita untuk masuh melewati sebuah pasar yang kemudian jalan langsung menanjak dan melewati gapura Perkebunan Nusantara IX.

GPS mengambil metode rute dengan jarak kilometer terpendek (short) setting yang gw biasa pakai untuk harian di ibu kota, gw lupa mensetting ke dalam metode mudah (easy). Al hasil GPS mengkalulasi rute terpendek namun tidak memperhitungkan tanjakan dan tikungan. Dugaan gw di wilayah yang gw lintasi saat ini bakal banya tikungan dan juga tanjakan, harapan gw adalah tidak adanya jalan yang rusak parah atau tanjakan yang sangat curam.

Boncenger gw menyatakan senang melewati jalur ini karena sejuk dan rindang sedangkan gw dalam hati mengatakan mudah mudahan jalurnya tidak ekstrim… hehehe..

Kami sempat berhenti untuk istirahat sejenak sambil menikmati udara segar yang bisa kami hirup sepuasnya, beristirahat di tepi jalan yang kosong ditemani oleh gemericik suara air yang jatuh di tebing sisi jalan. Selama kami beristirahat sekitar 15 menit.

Perjalanan kami lanjutkan dengan santai sembari menikmati keindahan alam yang di suguhkan di jalur ini. Pemandangan pohon pohon yang tinggi dan hijau di padu dengan aroma kayu yang khas dan suara burung atau binatang liar yang membuat kami merasa damai serta merasakan kebebasan dan tidak ada beban.

Jalur ini pun bervariasi dari turunan hingga tanjakan lalu tikungan yang tidak terlalu tajam, namun sempat ada jalur yang berada dalam perbaikan, terlihat sepertinya terkena longsor.

Menjelang jam 10 pagi kami sampai di sebuah lokasi yang cukup tinggi sehingga kita dapat melihat lembah dan rumah penduduk dibawahnya, kami kembali beristirahat sembari mengumpulkan tenaga karena prediksi gw perjalanan akan makin menanjak, serta mulai terlihat kabut sudah mulai turun.

Tanjakan demi tanjakan, tikungan demi tikungan dan turunan demi turunan kami lintasi dan terasa makin lama makin seru terutama kami disuguhi kembali oleh keindahan alam pegunungan dan keramahan penduduk yang selalu memberi senyum ketika kami melintasi mereka yang sedang beraktifitas di kebun mereka.

Jam 11 akhirnya kami sampai di desa Batur, kami pun ketemu dengan mas Bayu dan Rangga yang sedang istirahat di warung tempe mendoan, akhirnya kami melanjutkan perjalanan bersama.

Melintasi kawasan Dieng kita benar benar disuguhi oleh pemandangan alam yang menakjubkan berada di elevasi 2100 meter diatas permukaan laut serasa seperti terbang karena kami bisa melihat awan berada di bawah kami.

Kami sempat terpisah dari mas Bayu dan Rangga karena kami sempat berhenti untuk mengambil gambar, akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke arah Telaga Cebong lokasi dimana NNDR2012 diadakan. Di kawasan dieng banyak sekali obyek wisata alam yang bisa kita nikmati dalam perjalanan menuju ke Telaga Cebong selain kita melewati beberapa lokasi obyek wisata antara lain kompleks Candi Arjuna, Candi Arjuna lalu Telaga Warna dan juga Kawah Sikidang.

Kawasan Dieng masih aktif secara geologi dan banyak memiliki sumber-sumber energi hidrotermal. Ada tiga lapangan hidrotermal utama, yaitu Pakuwaja, Sileri, dan Sikidang. Di ketiganya terdapat fumarola (kawah uap) aktif, kolam lumpur, dan lapangan uap. Kami pun melewati lapangan lapangan hidrotermal dan terlihat banyak pipa pipa penyalur uap sepanjang jalan.

Tidak lama akhirnya kita sampai di desa Sembungan, ibaratnya rumah desa Sembungan adalah teras rumah sebelum memasuki lokasi Telaga Cebong.

Selesai sudah perjalanan 4 jam yang seru di hari kedua ini..

About these ads
Categories: Cool Activity, Cool Place, Just Want To Share It, Some Riding Report | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Road To NNDR 2012 – Meeting Friends That I Havent Yet Met. Day-02

1. Awesome Journey

2. peak

gara2 gps, untung jalannya asoy

3. Ubay

Jaketnya BMW, beli dimana om?